Sukses

Onde Lomaknyo, Muolah ke Kampar Cubo Lawuok Kopiek Ndak Batulang

Kabupaten Kampar mempunyai ragam ciri khas kuliner yang selalu dicari wisatawan, salah satunya ikan kopiek tak bertulang.

Liputan6.com, Pekanbaru - Lawuok sungai tasobuik dengan asonyo yang mani dan dagiong lunak, apolai baghu ditangkok. Hanyo sajo, bonyaknyo duwi atau tulang ketek mambuek ughang male mangojonnyo.

Di Kabupaten Kampar, ado ciek ikan yang lomak menjadi kan nasi, apolai kalau dibakau. Namonyo lawuok kopiek ndak batulang yang hanyo ado di Sungai Kampau dan babaapo sungai lainnyo di Riau.

Kini ko, ughang yang nyio makan lawuok kopiek bakau ndak parolu lai ponek mambueknyo di uma. Olah banyak kodai makan di Kampar yang manyodien sehinggo jadi cighi khas makanan di situ.

Panyodio lawuok kopiek ndak batulang punyo caro suwang melopein duwi-duwinyo. Mungkin samo juo caro malopein duwi lawuok bandeng.

Satolah malopein duwi, lawuok iko dibai bumbu ompa-ompa juo bumbu bakau. Ado rahasio yang dibeikan sehinggo asonyo bedo juo lawuok bakau lainnyo.

Hidanganyo kian bedo kalau di badan lawuok ado tolunyo. Sobab selain dagiong lombuik dan manis, lomaknyo tolu lawuok manambak lomaknyo makan.

Biasonyo setelah dibakau, lawuok kopiek diidangkan longkap juo ulam, ditamba pulo dengan lado balacan. Jiko dagiong lawuok dibai juo lado balacan, onde lomaknyo.

Tuok mencubo lawuok iko, ughang atau pendatang daghi tompek lain ndak parolu mangolun piti banyak. Cukuik Rp20 ibu sampai Rp50 ibu, tagantuong godangnyo lawuok, olah longkap juo nasi, ulam dan laco balacan.

Lawuok bakau kopiek ndak batulang olah tasobuik sebagai cighi Kampar. Wisatawan towi mencainyo katiko datang ke Kampar.

Kabupaten Kampar ndak payah ditompuo kareno hanyo babapo minik sajo dari Pekanbaru, ibu kota Provinsi Riau. Umah makan panyodionyo ndak payak dicai karano ado di topi jalan lintas provinsi.

Lai katuju mancubo lawuok bakau kopiek ndak batulang? Muolah ke Kampar!!!

 

Bahasa tersebut merupakan bahasa di Kabupaten Kampar yang dikenal dengan Bahasa Ocu Kampar. Penggunaan bahasa daerah oleh Liputan6.com untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Enaknya Ikan Kopiek di Kampar

Ikan sungai terkenal dengan rasanya yang manis dan tekstur daging lembut, apalagi baru ditangkap. Hanya saja, banyaknya duri atau tulang kecil membuat orang malas mengolahnya.

Di Kabupaten Kampar, ada satu ikan enak menjadi lauk, apalagi kalau dibakar. Namanya ikan kopiek yang hanya ditemukan di Sungai Kampar serta beberapa sungai lainnya di Riau.

Sekarang, orang yang ingin menikmati ikan kopiek bakar tidak perlu repot lagi mengolahnya di rumah. Sudah banyak rumah makan di Kampar yang menyediakan sehingga menjadi ciri khas kuliner di sana.

Penyedia kuliner ikan kopiek bakar tak bertulang punya teknis sendiri melepas duri-durinya. Mungkin sama dengan teknik melepas duri pada ikan bandeng.

Setelah melepas duri, ikan ini dibumbui dengan rempah-rempah dan bumbu bakar. Ada resep khusus yang diberikan sehingga cita rasanya beda dengan ikan bakar lainnya.

Hidangannya kian istimewa kalau di badan ikan ada telurnya. Pasalnya, selain daging lembut dan manis, lezatnya telur ikan menambah nikmatnya makan.

Biasanya setelah dibakar, ikan kopiek dihidangkan lengkap dengan lalapan, ditambah dengan suguhan sambal terasi. Jika daging ikan dicocol dengan sambel terasi, sungguh nikmatnya.

Untuk mencicipi ikan ini, warga ataupun pelancong dari daerah lain tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Cukup Rp20 ribu sampai Rp50 ribu, tergantung besaran ikan, sudah lengkap dengan nasi, lalap dan sambal terasi.

Ikan bakar kopiek tak bertulang sudah dinobatkan sebagai ciri khas kuliner Kampar. Wisatawan selalu mencarinya ketika bertandang ke Kampar.

Kabupaten Kampar sangat mudah diakses karena hanya beberapa menit saja dari Pekanbaru, ibu kota Provinsi Riau. Rumah makan penyedianya tak sulit ditemui karena berada di pinggir jalan lintas provinsi.

Tertarik untuk menikmati ikan bakar kopiek tak betulang, ayolah ke Kampar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.