Sukses

Suka Belanja Buku? Simak Tips Sederhana Ini!

Nah, agar tak kalap saat berbelanja buku, berikut beberapa tips membeli buku

Liputan6.com, Yogyakarta - Membaca merupakan salah satu hobi yang memiliki segudang manfaat. Apapun genre buku, membaca dapat menambah wawasan, memperluas pengetahuan, menambah pemahaman tentang ragam diksi, dan sebagainya.

Bagi pemilik hobi ini, beli buku tentu menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan.

Nah, agar tak kalap saat berbelanja buku, berikut beberapa tips membeli buku yang dibagikan oleh akun Instagram perpustakaan unik di Semarang @microlibrary_warakkayu, yang bisa kamu terapkan:

1. Ketahui tujuan awal sebelum membeli buku

Sebelum memilih buku untuk dibeli, sebaiknya ketahui lebih dulu hal penting yang akan didapatkan dari buku tersebut. Misalnya, apakah buku tersebut memuat informasi atau ilmu penting yang kamu butuhkan atau tidak.

Jika kamu asal membeli buku tanpa mengetahui tujuan tersebut, bisa jadi buku tersebut tak akan selesai kamu baca. Alhasil, buku tersebut hanya akan mangkrak di rak buku tanpa pernah disentuh lagi.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cari Manfaatnya

2. Ketahui dampak yang akan kamu dapatkan usai membaca buku

Setelah mengetahui tujuan dari membeli sebuah buku, hal lain yang harus kamu pertimbangkan adalah dampak yang akan didapatkan dari buku tersebut. Jika tujuan kamu membeli buku sudah jelas, maka kamu juga akan lebih mudah mengira-ngira dampak usai selesai membaca buku tersebut.

Jika kamu ingin membeli buku fiksi, usahakan untuk mencari tahu lebih dahulu apakah buku tersebut memuat sebuah kisah yang dapat memberikan dampak negatif untuk kamu, misalnya berkaitan dengan trauma masa lalu atau semacamnya. Jika kamu ingin membeli buku self-improvement, kamu juga perlu mengetahui dan mengira-ngira dampaknya terhadap dirimu ke depan.

3. Ketahui value atau nilai dari buku

Value atau nilai yang bisa didapatkan usai membaca buku juga perlu kamu pertimbangkan. Jika tujuan dan dampak usai membaca buku sudah cukup kamu ketahui, otomatis kamu juga akan mengetahui nilai yang akan kamu dapatlan dari buku tersebut.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.