Sukses

5 Podcast Bertema Food Waste yang Bisa Memotivasi Kita Tak Lagi Sisakan Makanan

Liputan6.com, Bandung - Podcast atau siniar di masa kini menjadi salah satu media belajar yang menyenangkan. Banyak tema siniar berisi hasil rekaman yang dapat didengarkan di mana saja asalkan tetap tersambung melalui internet dan perangkat elektronik kita.

Podcast juga bisa didengarkan ketika dalam perjalanan pulang kerja, di dalam transportasi umum seperti KRL ataupun saat rebahan di akhir pekan. Asyiknya lagi, kita juga bisa memilih kanal siniar sesuai kebutuhan.

Mendengarkan podcast juga bisa menjadi pilihan bagi kita yang selalu sibuk dan tidak memiliki waktu luang untuk membaca buku.

Memilih tema podcast terkait lingkungan, tak ada salahnya jika mendengarkan mereka yang peduli pada isu sosial maupun lingkungan dan ingin bergerak untuk menyuarakan isu tersebut. Misalnya, tentang food waste atau menyia-nyiakan makanan.

Apa itu food waste? Sebagian dari kita pernah mendengar kalimat berikut ini. “Habiskan makananmu, nanti makananmu nangis!”.

Ya, ungkapan yang muncul sewaktu kita masih kecil itu berkorelasi dengan food waste. Menyia-nyiakan makanan adalah sebuah hal yang perlu kita ubah.

Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), ada 1,6 miliar ton makanan terbuang, padahal 1,3 miliar ton dari jumlah yang terbuang ini masih layak makan. Di sisi lain, masih ada 800 juta penduduk dunia yang kelaparan.

Tak perlu panjang lagi, yuk simak lima podcast bertema food waste berikut ini agar kita termotivasi tak menyisakan makanan. Simak podcast berikut ini dengan santai ya!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. PSE (Podcast Sehat Seutuhnya)

Podcast Sehat Seutuhnya atau PSE diinisiasi Willy Yonas, edukator kesehatan masyarakat. Podcast ini mengusung misi untuk membagikan  ilmu kesehatan untuk masyarakat Indonesia mengenai pola hidup sehat yang berbasis penelitian untuk mencegah dan melawan penyakit tidak menular, seperti stroke, sakit jantung, diabetes, hipertensi, yang telah membunuh mayoritas masyarakat.

Untuk tema food waste, Yonas mengangkat soal makanan yang selalu dikaitkan dengan nutrisi. Tapi, masih jarang yang berpikir soal food waste. Yonas memaparkan tema ini lewat episode berjudul Food Waste: Apakah Ini Masalah Besar? Yonas membahas tema itu bersama Laurentia Mellynda.

Laurentia Mellynda sendiri adalah pendiri dari Panen Abnorma (@panen_abnormal). Sebuah bisnis yang tujuannya membantu para petani lokal dengan produk-produk yang sering kali menjadi food waste karena tidak terjual. Dengan melakukan ini, food waste bisa jauh berkurang. Tapi, ada juga peran yang bisa kamu lakukan mengenai masalah food waste ini.

3 dari 6 halaman

2. SustainTalks

SustainTalks adalah podcast yang diinisiasi oleh Sustaination, pergerakan soal lingkungan yang didirikan pada 2018 oleh Dwi Sasetyaningtyas atau Tyas. Sustaination terinspirasi ketika Tyas dan keluarganya berusaha untuk hidup lebih berkelanjutan di Belanda.

Tyas mulai menulis perjalanannya menuju kehidupan yang berkelanjutan di Indonesia untuk mendorong lebih banyak orang Indonesia mengurangi sampah mereka dan hidup lebih berkelanjutan. Ia pun menuliskan catatan perjalanannya di Sustaination.id. Salah satu yang juga ia kembangkan adalah siniar tentang lingkungan dan sampah.

Dalam episode #SustainTalks, Menyelamatkan Sisa Makanan Bersama Garda Pangan, Tyas mengundang Eva Bachtia, Co-Founder Garda Pangan, sebuah social enterprise yang berbentuk sebagai foodbank yang memiliki visi untuk mengurangi jumlah makanan yang terbuang serta mengakhiri kelaparan.

Di #SustainTalks ini, Tyas berdikusi tentang bagaimana pelaku industri melihat food waste adalah sebagai suatu hal yang perlu dan sangat wajar dan bagaimana cara mengatasinya.

4 dari 6 halaman

3. Sudut Pandang Pejuang

Podcast ini memperlihatkan bahwa setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai hal yang terjadi serta memiliki cerita pengalaman yang berbeda. Sudut Pandang Pejuang adalah persembahan dari TurunTangan.

Food waste menjadi salah satu tema dari TurunTangan dengan episodenya berjudul DRAMA RELAWAN EPS 02, Food Waste meningkat saat Ramadan!. Podcast ini merupakan inspirasi kebaikan dari para narasumber yang punya rekam jejak luar biasa di bidang kerelawanan, yang mungkin bisa menginspirasimu melakukan kebaikan di tahun mendatang.

5 dari 6 halaman

4. KBR Prime

KBR Prime menyajikan konten yang berkualitas, berita terbaru, perbincangan terhangat, storytelling yang memikat. Karena pikiran kita ibarat parasut, hanya berfungsi ketika terbuka.

Dalam episode berjudul Food Waste, KBR Prime mengangkat isu sampah makanan yang ikut menyumbang emisi yang mengakibatkan krisis iklim. Badan Pangan Dunia atau FAO bahkan menyebut sistem pangan global sebagai pendorong terbesar kerusakan lingkungan. Indonesia sendiri merupakan negara pembuang sampah makanan terbesar kedua di dunia.

Podcast Climate Tales episode kali ini menguraikan bagaimana sampah makanan berbahaya untuk iklim, dan bagaimana pula kita bisa menekannya.

6 dari 6 halaman

5. SBS Bahasa Indonesia

SBS Bahasa Indonesia adalah program berita dan cerita independen yang menghubungkan Anda dengan kehidupan di Australia dan warga Australia yang berbicara dalam bahasa Indonesia.

Mengangkat tema podcast, Menuju Nol Limbah Makanan, Menuju Nol Kelaparan, SBS Indonesia bersama Tim KBR 68H melaporkan bagaimana kelompok dan organisasi yang memberikan layanan untuk mengurangi limbah makanan seperti Food Cycle Indonesia dan Bandung Food Bank. Tetapi mereka harus menyelaraskan aktivitas mereka dengan kondisi kesehatan di masa pandemi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS