Sukses

Wajib Tahu Khasiat Daun Pegagan untuk Perawatan Kulit

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah obat berbahan kimia menjadi pilihan para wanita untuk menunjang perawatan kulit. Meski sesuai anjuran dokter, penggunaan obat kimia tentu harus sesuai takaran.

Namun, ada cara lain perawatan kulit tanpa harus mengeluarkan uang banyak, yakni menggunakan daun pegagan atau nama lain Centella asiatica.

Daun pegagan diketahui banyak memiliki manfaat kesehatan dan bisa mengobati beberapa penyakit. Daun yang satu ini juga sering digunakan untuk pengobatan tradisional dan disebut baik untuk kesehatan.

Daun tersebut bisa mengatasi stres dan kecemasan, meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan daya ingat, mengobati insomnia, hingga meredakan masalah kulit. 

Kandungan daun pegagan diyakini mampu meredakan peradangan, merangsang produksi kolagen, dan lain-lain. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai manfaat daun pegagan dirangkum dari berbagai sumber:

Memperlambat Penuaan

Sejumlah penelitian menyebutkan fungsi Centella asiatica atau daun pegagan untuk memperlambat tanda penuaan kulit. Hal ini tak terlepas dari kemampuannya dalam meningkatkan produksi kolagen. 

Berkat stimulasi produksi kolagen ini, elastisitas kulit dapat meningkat serta mengurangi tanda-tanda penuaan, termasuk keriput dan kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet.

Menyembuhkan Luka

Daun sakti yang satu ini diketahui memiliki senyawa kimia yang dikenal dengan nama triterpenoid. Senyawa ini bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka dengan cara meningkatkan kadar antioksidan, memperkuat jaringan kulit, dan meningkatkan suplai darah ke area luka.

Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Lower Extremity Wounds menemukan, luka pada tikus yang diobati dengan ekstrak daun pegagan dapat sembuh lebih cepat dibandingkan dengan luka yang tidak diobati.

Ekstrak tanaman ini juga terbukti dapat membantu menyembuhkan luka akibat benda tajam, luka robek, dan luka infeksi. 

Saksikan video pilihan berikut ini: 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Mengurangi Stretch Mark

Kandungan triterpenoid di dalam daun pegagan mampu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. 

Dengan demikian, tak hanya menyamarkan stretch mark yang telah ada, melainkan juga mencegah terbentuknya stretch mark baru.

Mengurangi Jerawat

Para peneliti melakukan percobaan menggunakan madecassoside, yakni salah satu komponen molekul yang terdapat di dalam centella, ke sel kulit manusia yang diberi rangsangan bakteri penyebab jerawat. 

Hasilnya, ditemukan bahwa madecassoside mampu menenangkan kulit dengan cara mengurangi peradangan yang disebabkan oleh masalah jerawat sekaligus melembapkan kulit. 

Hidrasi Kulit

Tanaman ini engandung bioaktif alami, saponin triterpenoid, flavonoid, phenolic acid, steroid triterpenoid, asam amino, dan gula.

Berbagai kandungan tersebut dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas, meredakan peradangan, mempertahankan air lebih lama pada kulit, dan mencegah penguapan air dari lapisan epidermis di kulit.

Meskipun demikian, untuk penggunaan daun pegagan ini alangkah baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit. Bilamana diperbolehkan untuk menggunakannya, cukup lakukan di rumah sesuai anjuran dokter.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.