Sukses

Membangun Generasi Emas Indonesia di Era Digital dari Tanah Mandar

Melihat pentingnya generasi emas di Era Digital.

Liputan6.com, Mamuju - Literasi Digital menjadi sangat penting, ditengah era digital saat ini. Pemahaman pentinganya literasi, disebabkan makin berkembangnya dunia digital saat ini.

Untuk itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi kembali menggelar program literasi digital nasional pada sektor pendidikan.

Setelah menyasar beberapa provinsi, dan serta beberapa daerah di Sulsel, kali ini Provinsi Sulawesi Barat mendapat giliran , bagi para peserta didik SMP, SMA, dan Tenaga Pendidik dengan mengangkat tema Membangun Generasi Emas di Era Digital. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin(19/9) secara online via aplikasi Zoom.

Turut hadir, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, sebagai keynote speaker. Kemudian ada juga Ketua DPRD Sulbar ST Suraidah, kemudian Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika. Statistik dan Persandian, Mustari serta Jalaluddin Duka yang merupakan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda & Olahraga Kab. Mamuju.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda & Olahraga Kab. Mamuju, Jalaluddin Duka, menjelaskan, tentang pentingnya membangun generasi emas di era digital, dimana saat ini banyak mereka yang tidak memahami pemanfaatan akses digital, dan sering menyalahi etika sehingga membuat penggunanya terkena masalah hukum.

Ia menambahkan, para generasi milenial ini diharapkan bisa menjadi garda terdepan dalam dunia digital, "Saat ini para generasi milenial diharapkan bisa menjadi generasi emas mampu memiliki daya saing tinggi, serta bukan hanya mampu mengikuti perkembangan teknologi digital, namun juga mampu mengambil langkah bijak dalam mengikutinya," jelas Jalaluddin.

Kegiatan Literasi Digital, merupakan inisiasi yang di dukung oleh Kementerian Kominfo terhadap Program Literasi Digital yang melibatkan berbagai elemen masyarakat, dengan memiliki beberapa tujuan.

Tujuannya mendorong, masyarakat agar dapat secara bijak menggunakan internet guna membentuk generasi Literasi Digital, yang memiliki karakter, berkualitas dan memiliki memiliki daya saing tinggi. Kemudian memberdayakan masyarakat agar dapat memilah dan memilih informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat, memberikan informasi yang lengkap kepada masyarakat terkait pembangunan Infrastruktur TIK yang dilakukan oleh Pemerintah khususnya oleh Ditjen APTIKA.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.