Sukses

13 Makanan Viral Yogyakarta, Siap Antre?

Jika kamu penasaran dan siap mengantre untuk dapat mencicipinya, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat makanan viral Yogyakarta berikut ini.

Liputan6.com, Yogyakarta - Tak hanya makanan tradisional, Yogyakarta juga memiliki kuliner kekinian yang cukup populer. Sejumlah kuliner populer ini cukup menyita perhatian masyarakat luas, tak hanya dari Yogyakarta melainkan juga dari wilayah lain di luar Yogyakarta.

Bahkan, sejumlah masyarakat rela antre untuk dapat menikmati kuliner populer tersebut. Jika kamu penasaran dan siap mengantre untuk dapat mencicipinya, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat makanan viral Yogyakarta berikut ini:

1. Bakmi Tjemara Noodle Bar

Buka pertama kali di Purwakarta, siapa sangka Bakmi Tjemara Noodle Bar bakal viral di Yogyakarta. Kedai ini menawarkan menu mi dengan berbagai pilihan rasa, seperti hongkong style, korean spicy, dan bali authentic.

Makanan viral tersebut terasa lengkap dengan adanya hidangan pendamping, seperti wonton soup, gyoza, dan lainnya. Salah satu Bakmi Tjemara Noodle Bar yang bisa kamu kunjungi berada di Jalan Prawirotaman 2 Nomor 71, Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bubur Hayam Kotabaru

2. Bubur Hayam Kobataru

Bubur Hayam Kotabaru bukan sembarang bubur ayam. Kamu bisa menikmati bubur ayam bersama kuning telur, ati ampela, bahkan sambal kacang.

Selain itu, ada juga es bruno dan bubur ketan hitam spesial dengan es krim. Kamu bisa menuju ke Jalan Johar Nurhadi Nomor 5, Kotabaru, Kapanewon Gondokusuman, Yogyakarta, untuk mencicipi hidangan ini.

3. Geblek Menoreh View

Geblek Menoreh View menawarkan pengalaman makan ala angkringan yang berbeda. Secara menu mungkin tak jauh berbeda dengan angkringan pada umumnya, tetapi pemandangan saat makan menghadap sawah menjadi nilai lebih dari tempat makan ini.

Kamu bisa mencicipi hidangan khas angkringan, seperti nasi kucing, gorengn, hingga sate-satean. Geblek Menoreh View berlokasi di Pronosutan, Kembang, Kapanewon Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta.

 

3 dari 5 halaman

Golden Geisha

4. Golden Geisha

Disebut-sebut sebagai salah satu ramen terbaik, makan di Golden Geisha perlu antre, bahkan harus rela waiting-list. Harganya memang terbilang premium, tapi porsinya besar dan mengenyangkan.

Tempat makan ini berlokasi di Jalan Magelang, Kutu Tegal, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta.

5. Jatinangor House Yogyakarta

Sempat viral di media sosial Twitter beberapa saat lalu, Jatinangor House disebut sebagai KW super dari McDonald. Pasalnya, ayam goreng di sini mempunyai rasa dan tingkat kepedasan yang mirip dengan menu spicy chicken ala salah satu restoran ayam cepat saji tersebut.

Jika penasaran, kamu bisa langsung menuju ke Pogung Baru Blok F 36 Blok a, Pogung Lor, Sinduadi, Kapanewon Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Selain rasanya yang nikmat, tempat makan ini juga menyajikan suasana tempat makan yang nyaman dan estetik.

6. Kuliner Pasar Kranggan

Ada banyak tenant makanan kekinian yang buka di Pasar Kranggan lantai dua. Sebut saja TFP Kopi Warung yang menyajikan kuliner ala western, Mugorame Udon yang menjual udon, hingga Kedai Terang Bitang dengan kopi butter serta roti panggang srikaya yang lezat.

Kamu bisa mencicipi beragam kuliner di sini. Langsung saja mampir ke Jalan Poncowinatan, Gowongan, Kapanewon Jetis, Yogyakarta.

 

4 dari 5 halaman

Mangut Lele Mbah Marto

7. Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto merupakan salah satu kuliner legendaris Yogyakarta yang tak lekang oleh waktu. Mangut lele di sini memiliki cita rasa yang pedas dengan siraman kuah segar.

Kamu pun bisa langsung mampir ke dapur Mbah Marto untuk mengintip proses memasak dan mengambil langsung makanannya. Tempat ini berlokasi di Jalan Sewon Indah Nomor RT.04, Ngireng-ireng, Panggungharjo, Kapanewon Sewon, Bantul, Yogyakarta.

8. Mi Ayam Bu Tumini

Mi Ayam Bu Tumini menjadi populer karena memiliki sajian mi ayam yang enak, bumbu melimpah, serta tekstur kenyal mi yang menggoda. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan ceker yang dimasak super empuk sebagai hidangan pendamping.

Mi Ayam Bu Tumini bisa kamu temui di Jalan Imogiri Timur Nomor 187, Giwangan, Kapanewon Umbulharjo, Yogyakarta.

9. Mie Ayam Pakde Wonogiri

Mie Ayam Pakde Wonogiri yang berlokasi di Kabupaten Kulon Progo ini terkenal karena porsinya yang melimpah. Tak hanya itu, mie ayam ini juga memiliki cita rasa bumbu ayam yang manis dan gurih.

Tak heran jika kelezatannya dapat menarik banyak pelanggan dari luar kota untuk sekadar menikmati Mie Ayam Pakde Wonogiri ini. Tempat makan ini berlokasi di Karang Tengah Kidul, Margosari, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta

 

5 dari 5 halaman

Mie Gacoan

10. Mie Gacoan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa mengantre menjadi salah satu rutinitas yang harus dilalui jika ingin menikmati Mie Gacoan. Awalnya, Mie Gacoan hanya buka di Yogyakarta, tetapi kini telah memperluas jangkauannya hingga ke luar Yogyakarta, seperti Bali, Jakarta, dan kota lainnya.

Mematok harga yang relatif terjangkau dengan beragam pilihan hidangan pendamping, mie gacoan menjadi salah satu tempat makan populer anak muda penyuka kuliner pedas saat ini. Beberapa menu pendamping yang bisa kamu coba di antaranya udang rambutan, siomai, dan pangsit.

11. Sugoi Ramen Express

Lokasi terbaik lainnya untuk menikmati ramen di Yogyakarta adalah di Sugoi Ramen Express. Tak hanya ramen, kamu juga bisa menikmati makanan khas Jepang lainnya, seperti sushi, ricebowl, dan lainnya.

Tempat makan ini juga memiliki dekorasi yang cukup unik, yakni tembok yang dipenuhi dengan poster-poster dari karakter anime. Jika kamu siap mengantre, kamu bisa berkunjung ke Ruko Kelapa Hijau No. 18, Sanggrahan, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta.

12. Suwatu by Mil & Bay

Selain menikmati sajiannya yang lezat, di sini kamu juga bisa menikmati pemandangan Candi Prambanan yang megah. Tempatnya pun didesain kekinian ala Bali. 

Lokasi ini terletak di Sumberwatu, Sambirejo, Kapanewon Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kamu bisa mengajak keluarga, sahabat, bahkan pasangan untuk datang dan menikmati sajian kuliner di sini.

13. Tempo Gelato

Membahas tempat makan viral di Yogyakarta, rasanya kurang lengkap jika tak memasukkan Tempo Gelato ke dalam daftar. Tempo Gelato menjadi destinasi wajib wisatawan yang ingin menjajal gelato dengan beragam rasa unik.

Beberapa rasa unik yang bisa kamu coba pun beragam, mulai dari spicy chocolate hingga daun kemangi. Selain gelatonya yang enak, desain interior di setiap cabang Tempo Gelato juga menarik untuk dijadikan latar berfoto.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.