Sukses

Daftar 10 Istilah dalam Dunia Hacking yang Wajib Kamu Ketahui, Jangan Tunggu Jadi Korban

Kejahatan-kejahatan di dunia jaringan internet itu disebut dengan istilah cyber crime atau kejahatan siber.

Liputan6.com, Bandung - Di era teknologi ini, komputer sudah menjadi pusat perhatian bagi setiap orang. Perkembangan komputer dan teknologi informasi dan umumnya dunia siber tidak selamanya menghasilkan hal-hal yang positif.

Seiring berkembangnya internet, maka terbuka juga peluang terjadinya kejahatan di dunia internet. Kejahatan-kejahatan di dunia jaringan internet itu disebut dengan istilah cyber crime atau kejahatan siber.

Kejahatan siber adalah bentuk kejahatan yang terjadi di internet atau dunia maya yang menjadi alat, sasaran, atau tempat terjadinya kejahatan yaitu mengacu pada aktivitas kejahatan dengan komputer atau jaringan komputer.

Mengutip Aep S Hamidin dalam buku, Tips dan Trik Kartu Kredit: Memaksimalkan Manfaat dan Mengelola Risiko Kartu Kredit (2010), salah satu jenis kegiatan kejahatan siber adalah hacking atau peretasan.

Hacker atau peretas terbagi dalam dua macam. Pertama, White Hacker. Kategori ini adalah para hacker yang menerobos suatu sistem komputer lalu mencari kesalahan dari sistem yang dibobolnya dan memberitahu pemilik sistem tersebut agar diperbaiki.

Kedua, Black Hacker. Mereka yang masuk kategori ini melakukan peretasan demi mencari keuntungan dari apa yang dilakukannya seperti dengan mencuri atau merusak sistem yang dibobolnya untuk keuntungannya sendiri atau lebih tepatnya disebut dengan cracker.

Dunia hacking sendiri memang unik dan menarik untuk diikuti perkembangannya. Namun, ada banyak istilah-istilah dalam dunia peretasan yang tidak kita mengerti.

Oleh karena itu, berikut 10 istilah dalam dunia hacking yang wajib kamu ketahui agar bisa lebih waspada. Disimak ya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berikutnya

Dark Web

Istilah paling umum dalam dunia peretasan adalah dark web. Berbeda dengan web normal yang digunakan kebanyakan orang setiap harinya karena mudah diakses dan diindeks oleh mesin pencari, dark web justru merupakan situs tersembunyi yang tidak akan muncul ketika kamu mencari di mesin pencari seperti Google. Selain itu, dark web juga tidak dapat diakses tanpa software khusus.

Dark web ini sebetulnya adalah bagian dari deep web, bagian dari world wide web tetapi tidak termasuk ke dalam internet yang dapat dicari dengan mudah menggunakan indeks mesin pencari web. Deep web berbeda dengan dark internet atau darknet, di mana komputer tidak dapat lagi dijangkau melalui internet, atau dengan istilah lainnya darknet yang merupakan jaringan untuk menukarkan data, tapi dapat digolongkan sebagai bagian kecil dari deep web.

Social Engineering (Soceng)

Social engineering adalah sebuah cara untuk mengelabui atau memanipulasi korban agar bisa mendapatkan informasi data-data pribadi atau akses yang diinginkan dengan cara memanipulasi si korban dengan cara yang halus. Istilah ini di Indonesia disingkat dengan soceng.

Bot

Dalam dunia peretasan, istilah bot ini sudah sangat lazim dipakai. Bahkan, mungkin Anda juga sering memanfaatkannya di komputer. Bot sendiri merupakan program yang dikembangkan untuk mengotomatisasi tindakan sehingga dapat dilakukan secara berulang untuk mencapai tingkat lebih tinggi.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

Botnet

Botnet merupakan jaringan yang terdiri atas komputer-komputer yang telah dikendalikan dari jarak jauh atau dengan menggunakan bot seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan. Komputer-komputer ini bisa dibilang telah terinfeksi malware sehingga memungkinkan untuk dikendalikan secara jarak jauh.

Botnet ini bisa terdiri dari banyak sekali komputer, baik ratusan bahkan sampai ribuan. Botnet juga dikendalikan oleh salah satu pihak tanpa sepengetahuan penggunanya. Sehingga, pengguna tidak tahu bahwa komputernya sedang dikendalikan.

Botnet biasanya digunakan untuk mengirim email-email spam atau mengirimkan serangan-serangan terhadap suatu layanan. Biasanya, para pihak yang menggunakan botnet ini bertujuan ingin menguasai akses sepenuhnya pada banyak komputer sehingga ia dapat melakukan apa saja terhadap komputer tersebut. Selain itu, botnet juga digunakan untuk menambang bitcoin yang dapat dijual secara tunai kepada banyak orang. Sehingga akan sangat menguntungkan pihak yang menjualnya.

Trojan

Istilah dalam dunia hacking yang juga wajib Anda ketahui adalah trojan. Ini. merupakan program jahat yang sangat merugikan. Dirancang seperti program yang tidak berbahaya, namun kenyataanya bisa mencuri data penting bahkan menghancurkan file penting yang ada di komputer seseorang.

Adapun cara mendeteksi program trojan ini bisa ditandai jika CPU mengalami kenaikan penggunaan, maka bisa dicurigai jika ada program trojan yang mengusiknya. Tanda lain yang bisa Anda waspadai yakni adanya kegagalan sistem yang tiba-tiba.

Phising

Phishing adalah tindakan memperoleh informasi pribadi seperti user ID, password dan data-data sensitif lainnya dengan menyamar sebagai orang atau organisasi yang berwenang melalui sebuah email. Munculnya istilah phishing berasal dari kata bahasa Inggris, fishing (memancing). Dalam hal ini memancing target untuk memberikan informasi penting seperti informasi keuangan dan password yang dimilikinya.

4 dari 4 halaman

Seterusnya

Denial of Service (DoS)

Denial of Service atau DoS merupakan serangan yang terbilang cukup kuat untuk melukai sebuah infrastruktur dari suatu organisasi. Serangan ini bertujuan untuk mencegah pengguna menikmati layanan yang diberikan suatu server dan pada akhirnya server tersebut akan down.

Serangan DoS memiliki sifat satu lawan satu, sehingga dibutuhkan host yang dapat membanjiri lalu lintas sebuah host target sehingga mencegah klien untuk mengakses layanan jaringan pada server yang dijadikan target oleh penyerang.

Distributed Denial of Service attack (DDoS)

DDoS adalah salah satu jenis serangan DoS yang menggunakan banyak host penyerang. DDoS akan melakukan penyerangan untuk menyerang sebuah host target dalam sebuah jaringan. Serangan DDoS ini bersifat satu lawan satu sehingga dibutuhkan host yang kuat untuk melakukan serangan ini.

Cara yang digunakan pada DDoS ini juga mirip seperti DoS yaitu dengan cara membanjiri traffic yang ada di situs sehingga mencegah klien yang valid untuk bisa mengakses layanan tersebut dengan mudah. Namun, serangan DDoS ini menggunakan teknik yang lebih canggih dari serangan DoS yaitu dengan meningkatkan dan mengulang serangan beberapa kali menggunakan beberapa komputer sekaligus, sehingga langsung mengakibatkan jaringan tidak dapat berguna sama sekali.

Spoofing

Spoofing merupakan sebutan untuk cara yang digunakan agar bisa mendapatkan akses masuk ke komputer tanpa harus meminta izin. Penyerang akan melakukan spoofing dengan mengirimkan pesan terlebih dahulu ke komputer dengan alamat IP sehingga menunjukkan bahwa pesan tersebut merupakan pesan yang benar karena dari host yang terpercaya.

Carding

Carding adalah modus kejahatan bertransaksi menggunakan kartu kredit milik orang lain. Jadi, setelah mengetahui nomor kartu kredit korban, pelaku kemudian berbelanja online dengan kartu kredit curian itu. Selanjutnya data kartu kredit itu disalahgunakan oleh carder, sebutan pelaku kejahatan carding.

Itulah beberapa istilah dalam dunia peretasan. Tentu Anda harus mewaspadai agar tidak menjadi korban tindakan kejahatan siber. Penting agar bisa meminimalisir Anda menjadi korban.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.