Sukses

Kemenkominfo ajak Pelajar di Wajo jadi Generasi Emas yang Cakap Digital

Kemenkominfo Hadirkan Geneasi Emas Era Digital di Kabupaten Wajo

Liputan6.com, Wajo - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, kembali menggelar program literasi digital nasional pada sektor pendidikan.

Kali ini, program tersebut menyasar wilayah Sulawesi bagi para peserta didik SMP dan Guru kabupaten Wajo dengan mengangkat tema "Membangun Generasi Emas di Era Digital". Kegiatan ini dilaksanakan, pada Kamis (8/9) secara Online via Aplikasi Zoom.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Menteri Kominfo sebagai Keynote Speaker Johnny G Plate, kemudian Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo. Armayani, M.Si yang membawakan materi Etika Digital. Kemudian Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wajo, Faisal dengan materi Budaya Digital, serta Praktisi dan Content Writer, Achmad Rafiq dengan materi Cakap Digital.

Literasi Digital merupakan inisiasi yang di dukung oleh Kementerian Kominfo terhadap Program Literasi Digital yang melibatkan berbagai elemen masyarakat, dengan memiliki beberapa tujuan.

Salah satunya, yaitu mendorong, masyarakat agar dapat secara bijak menggunakan internet, untuk membentuk generasi Literasi Digital di Kabupaten Wajo yang memiliki karakter, berkualitas dan memiliki memiliki daya saing tinggi.

Sementara itu Praktisi dan Content Writer, Achmad Rafiq dengan materi Cakap Digital, mengatakan apa saja yang perlu dilakukan untuk memiliki kecakapan digital, "Seseorang diharapkan mampu mengetahui, memahami, serta menggunakan perangkat keras dan lunak dalam lanskap digital, mesin pencarian informasi, aplikasi percakapan dan media sosial, serta aplikasi dompet digital, lokapasar, dan transaksi digital," terangnya

Achmad Rafiq menyebutkan, ketika seseorang telah cakap digital, mereka akan tahu cara memanfaatkan dengan benar dengan tetap mengedepankan etika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.