Sukses

Modal Besi Panjang Pria di Bandar Lampung Bobol Mesin ATM, Aksinya Terekam CCTV

Aksi pembobolan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di area SPBU Pengajaran, Telukbetung Utara, Bandar Lampung, terekam kamera CCTV

Liputan6.com, Lampung - Aksi pembobolan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di area SPBU Pengajaran, Telukbetung Utara, Bandar Lampung, terekam kamera CCTV. Dari rekaman terlihat, aksi pembobolan dilakukan seorang pria pada Sabtu (10/9/2022), sekitar pukul 19.30 WIB.

Bagus, petugas keamanan setempat mengungkapkan, pelaku seorang diri terpantau datang ke gerai ATM dengan berkendara sepeda motor. Mengenakan baju kaus lengan panjang warna hitam-abu abu, pria tersebut langsung masuk setelah memarkir motor tepat di depan mesin ATM.

"Sekitar jam setengah delapan pelakunya masuk ke dalam, datang pakai motor bawa tas ransel warna hitam," ucap Bagus, Minggu (11/9/2022).

Bagus mengatakan, berdasarkan rekaman CCTV juga tampak pelaku melancarkan aksinya dengan menggunakan besi panjang. Alat tersebut awalnya disimpan pelaku di balik bajunya. Saat di depan mesin ATM, alat tersebut langsung diarahkan ke lubang tempat keluarnya uang.

Menurut Bagus besi itulah yang digunakan pelaku untuk memaksa masuk ke lubang hingga akhirnya mengeluarkan uang lembaran Rp100 ribu.

"Setelah dipaksa paksa masukkan besi yang dibawa, gak lama dari situ keluar uang. Berapa jumlah nya kita belum tahu, tapi pecahan 100 ribu," jelasnya.

Saat melancarkan aksinya, Bagus mengakui petugas keamanan SPBU tak mencurigai gerak gerik pelaku lantaran sibuk mengawasi area secara keseluruhan. Sementara kejadian tersebut diketahui setelah pihak vendor mesin ATM meminta rekaman video CCTV beberapa jam setelah kejadian.

Bagus menambahkan, rekaman CCTV pembobolan ATM tersebut telah diminta oleh pihak vendor sebagai tambahan bukti pelaporan ke pihak Polisi. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata Polisi

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Bandar Lampung, Kompol Denis Arya Putra menyatakan pihaknya telah menerima laporan pembobolan mesin ATM yang berada di dalam area SPBU.

Denis menyatakan saat ini laporan tersebut sudah ditindaklanjuti, untuk mengungkap pelakunya. "Segera diidentifikasi pelaku dari rekaman CCTV," ujar Denis.

Jika dilihat dari rekaman CCTV di lokasi kejadian, Denis menyebut kemungkinan modus operandi yang digunakan oleh pelaku. Namun belum dapat dipastikan, apakah pelaku ini merupakan sindikat spesialis bobol mesin ATM yang kerap beraksi di wilayah Bandar Lampung.

"Sekilas lihat dari CCTV modusnya seperti ganjal ATM. Ini sudah kita atensi ke jajaran Satreskrim untuk melakukan penyelidikan," pungkas Denis.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.