Sukses

Cara Membersihkan Keyboard Laptop dan Komputer dengan Aman

Untuk itu, membersihkan keyboard laptop atau komputer perlu dilakukan secara berkala.

Liputan6.com, Yogyakarta - Meski terlihat bersih, tanpa kita sadari keyboard laptop atau komputer yang digunakan setiap hari ternyata sangat kotor. Hasil penelitian menunjukkan, keyboard laptop atau komputer 20 ribu kali lebih kotor dari tempat dudukan wc.

Untuk itu, membersihkan keyboard laptop atau komputer perlu dilakukan secara berkala. Karena jika dibiarkan kotor akan berpotensi menjadi sumber penyakit.

Jika kita menggunakan keyboard yang tidak dibersihkan, kotoran pada keyboard pun akan berpindah pada jari kita. Otomatis hal itu akan mempermudah kuman dan bakteri yang ada para keyboard berpindah ke tubuh kita.

Sebelum membersihkan keyboard, pastikan laptop atau komputer kamu dalam kondisi mati. Kemudian, ikuti cara membersihkan keyboard laptop dan komputer berikut:

1. Balik dan goyangkan keyboard

Membalik dan menggoyangkan keyboard merupakan cara termudah untuk membersihkan sisa remahan yang terselip di sela-sela tombol. Goyangkan keyboard sambil menepuknya secara perlahan agar remahan jatuh keluar dari celah tombol keyboard.

2. Gunakan kuas lembut dan air duster

Untuk mengatasi debu atau sisa kotoran yang masih ada, kamu bisa menggunakan kuas lembut dan air duster. Gunakan kuas dalam posisi terbalik untuk mencegah debu dan kotoran terselip atau terdorong masuk kembali.

Jika sisa kotoran atau debu yang terselip susah dibersihkan dengan kuas atau belum terdorong keluar, kamu bisa menggunakan air duster untuk mendorong kotoran keluar. Caranya, miringkan laptop dan semprot air duster ke permukaan keyboard.

Pastikan kamu menggerakkan air duster saat menyemprot, sehingga air duster tidak hanya disemprot pada satu titik saja.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menyedot Debu

3. Gunakan vacuum untuk menyedot debu

Cara selanjutnya yang bisa dicoba yakni dengan menggunakan vacuum mini yang ditenagai dengan USB. Hindari menggunakan vacuum cleaner untuk kebutuhan rumah tangga karena daya sedotnya terlalu kuat.

4. Lap keyboard dengan kain microfiber

Kain microfiber akan berguna untuk mengelap dan membersihkan tombol dan area pada sisi-sisi keyboard. Basahi sedikit kain microfiber dan lap secara merata ke seluruh area tombol dan permukaan keyboard.

Pastikan tidak membasahi kain terlalu banyak karena jika terlalu basah akan berpotensi menghasilkan tetesan air yang dapat masuk ke dalam keyboard. Hal itu akan merusak komponen yang ada di dalamnya, sehingga keyboard menjadi tidak berfungsi.

5. Gunakan disinfektan untuk membersihkan laptop

Setelah memastikan keyboard bersih dari kotoran dan debu, sebagai langkah akhir, gunakan disinfektan untuk menjaga keyboard bersih dari bakteri atau kuman akibat pemakaian. Semprotkan disinfektan terlebih dahulu ke kain lap atau microfiber, kemudian lap keyboard dengan kain atau microfiber tersebut.

Hindari menyemprot disinfektan secara langsung ke keyboard atau permukaan keyboard. Kamu juga bisa menggunakan alcohol disinfecting wipes atau alcohol wipes untuk membersihkan keyboard.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.