Sukses

Dear Mahasiswa Baru, Ini 5 Tips Hemat Ala Anak Kosan

Mencatat pengeluaran tentulah penting, tidak lupa kamu harus bisa menabung dan menyimpan dana darurat untuk sewaktu-waktu.

Liputan6.com, Bandung - Tahun ini sudah banyak sekali calon-calon mahasiswa baru yang akan segera berkuliah. Bagi para calon mahasiswa yang merantau ke kota orang dan harus siap hidup sendiri di kosan, perlu mempersiapkan diri.

Dengan kondisi uang kiriman orang tua yang seadanya, kamu harus pintar menghemat dan mengatur keuangan. Supaya di akhir bulan kamu masih bisa makan dan mengutamakan kebutuhan perkuliahan yang lain.

Mencatat pengeluaran tentulah penting, tidak lupa kamu harus bisa menabung dan menyimpan dana darurat untuk sewaktu-waktu akan butuh untuk digunakan.

Berikut adalah lima tips hemat yang bisa kamu lakukan.

1. Membeli Stok Makanan Instan

Untuk kamu yang malas memasak ribet-ribet, kamu bisa membeli beberapa stok makanan instan di kosan kamu. Hal ini dilakukan agar kamu tidak membeli makanan dari luar dan juga cocok untuk kamu yang malas memasak nasi atau makanan lain yang memerlukan beberapa bahan lain.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Membeli Bumbu Memasak

Perlu kamu ketahui bumbu memasak juga cukup penting untuk ada dalam kosan kamu agar bisa memasak apapun dengan rasa yang tidak hambar. Misalnya kamu hanya mempunyai nasi dan telur saja kamu bisa membuat nasi goreng, ataupun kamu bisa membuat makanan lain yang sedang kamu inginkan jadi menyediakan stok bumbu memasak juga penting untuk menghemat agar kamu tidak membeli makanan di luar.

3. Membeli Stok Cemilan di Kosan

Salah satu hal yang mungkin sulit untuk dilakukan oleh mahasiswa adalah untuk tidak jajan. Maka dari itu untuk menghemat agar kamu tidak jajan diluar kamu bisa membeli stok cemilan-cemilan yang bisa kamu beli di e-commerce secara online karena harganya bisa lebih murah, ataupun kamu membeli snack kiloan yang nantinya ada banyak jadi bisa disimpan ketika kamu ingin ngemil.

3 dari 3 halaman

Berikutnya

4. Membeli kebutuhan sabun, sampo, deterjen secara sasetan

Kebutuhan perawatan diri juga penting untuk kamu maka dari itu untuk menghemat ada baiknya kamu membelinya secara sachetan seperti sampo atau deterjen, hal tersebut agar kamu bisa membelinya dengan murah dan takarannya sudah sesuai per satu sachet-nya.

5. Jangan malu untuk membawa bekal dan botol minum

Hal selanjutnya adalah kamu bisa membawa bekal makanan atau membawa botol minum sendiri, hal ini dilakukan agar ketika kamu selesai kuliah dan ada jeda istirahat kamu bisa memakan bekal yang kamu buat sendiri, ataupun untuk menghemat tidak membeli minum kamu bisa membawa botol minum sendiri.

Penulis: Natasa K

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.