Sukses

Warga di Balikpapan Rela Antre dari Pagi Demi Uang Baru, Penasaran Sama Desainnya

Liputan6.com, Balikpapan - Penukaran uang baru tahun emisi 2022 mulai dibuka Jumat (19/8/2022). Di Kota Balikpapan sendiri ada enam lokasi yang menjadi titik tempat penukaran uang baru. Salah satunya di halaman parkir Pantai Monumen Perjuangan (Monpera) yang berlokasi di Jalan Jendral Sudirman, Balikpapan Kota.

Tak lama membuka loket penukaran sejak pukul 09.00 Wita, mobil kas keliling langsung dibanjiri warga yang antusias mendapatkan uang pecahan baru.

Dengan antusias warga berjejer mengantre di depan mobil kas keliling. Kezia, seorang warga menuturkan, dirinya sengaja datang untuk menukarkan uang lamanya dengan uang baru. Lantaran dia penasaran dengan perubahan desain yang ada di uang pecahan baru.

"Penasaran saja ada desain baru, ada logo barunya di bagian depan, kelihatan lebih bagus desainnya, kertasnya juga lebih bagus," katanya.

Dari ke tujuh uang pecahan baru, Kezia lebih tertarik dengan uang pecahan Rp50 ribu, lantaran menurut dia uang kertas bergambar Ir H Djuanda Kartawidjaja itu desainnya paling bagus.

"Apalagi warna biru kan warna favorit saya," ucapnya.

Untuk mendapatkan uang pecahan baru Kezia harus mengantre sejak pukul 10.00 Wita. "Saya lihat warga antusias ya karena hari pertama, saya sendiri mengantre dari jam 10 pagi," katanya.

Hal senada diungkapkan Mukmin Aziz, warga Balikpapan Barat ini turut antusias ikut mengantre untuk mendapatkan uang pecahan baru yang dikeluarkan Bank Indonesia.

"Penasaran saja dengan desain barunya, makanya ikut mau nukar," timpal Mino sapaan akrabnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Lokasi Penukaran di Balikpapan

Di Balikpapan sendiri perwakilan Bank Indonesia Balikpapan membuka sejumlah lokasi penukaran dengan menggunakan mobil kas keliling. Diantaranya di halaman parkir Monpera, Pasar Segar, Pasar Cinderamata, Pasar Sepinggan dan Pasar Klandasan, dengan waktu yang sudah dijadwalkan.

Untuk diketahui, pemerintah dan Bank Indonesia menggelar acara peluncuran tujuh pecahan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 (Uang TE 2022) pada Kamis (18/8/2022) di Jakarta. Ketujuh pecahan Uang TE 2022 tersebut secara resmi berlaku, dikeluarkan, dan diedarkan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bertepatan pada HUT-77 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2022.

Uang TE 2022 terdiri atas pecahan uang Rupiah kertas Rp100 ribu, Rp50 ribu, Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5 ribu, Rp2 ribu, dan Rp1.000, dengan telaah visual setiap pecahan Uang TE 2022 dalam rincian berikut.

Uang TE 2022 tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang sebagaimana Uang TE 2016.

Terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang TE 2022 yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

Inovasi dimaksudkan agar uang Rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan, serta lebih sulit untuk dipalsukan sehingga uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara itu perwakilan Bank Indonesia Balikpapan sendiri telah menyerahkan secara simbolis uang pecahan baru kepada Wali Kota Balikpapan pasca diumumkannya uang pecahan baru tersebut.

 

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS