Sukses

Mengenal 7 Uang Kertas Baru Beserta Historinya

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah dan Bank Indonesia menggelar acara peluncuran tujuh pecahan Uang Rupiah Kertas baru pada hari ini, Kamis (18/8/2022). Uang kertas baru itu telah secara resmi berlaku, dikeluarkan serta diedarkan di wilayah Negara Indonesia.

Momen tersebut juga bertepatan dengan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Uang TE yang baru pada 2022 ini terdiri atas pecahan uang rupiah kertas Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000 yang mana telah ditelaah visual setiap pecahan uang tersebut.

Pengeluaran uang kertas baru ini juga menjadi wujud dari semangat kebangsaan, nasionalisme, dan kedaulatan untuk menumbuhkan optimism terhadap pemulihan ekonomi nasional, yang selaras dengan tema dari HUT ke-77 RI yaitu ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’.

Berikut adalah makna setiap uang kertas baru yang dilansir dari laman resmi Bank Indonesia.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 8 halaman

Rp100.000

Terlihat pada bagian depan dari uang Rp100.000 ini menampilakan tokoh Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, Dr. (H.C.) Ir. Soekarno dan Dr. (H.C.) Drs Mohammad Hatta, sebagai gambar utama. Terdapat lambang negara Garuda Pancasila, gambar kepulauan Indonesia, Bunga Anggrek Bulan, dan beberapa motif khas Indonesia.

Adapun bagian belakang dari uang ini menampilkan Tari Topeng Betawi yang disandingkan dengan keindahan alam Raja Ampat, serta dipadukan dengan keanggunan Bunga Anggrek Bulan yang dikenal sebagai Puspa Pesona. Desain uang pecahan Rp100.000 bagian belakang diperindah dengan motif khas Indonesia.

3 dari 8 halaman

Rp50.000

Pada bagian depan menampilkan tokoh Pahlawan Nasional Republik Indonesia Ir. H. Djuanda Kartawidjaja sebagai gambar utama. Terdapat lambang negara Garuda Pancasila, gambar kepulauan Indonesia, Bunga Jepun Bali, dan motif khas Indonesia.Bagian depan menampilkan Tokoh Pahlawan Nasional Republik Indonesia Ir. H. Djuanda Kartawidjaja sebagai gambar utama. Terdapat lambang negara Garuda Pancasila, gambar kepulauan Indonesia, Bunga Jepun Bali, dan motif khas Indonesia.

Kemudian bagian belakangnya menampilkan Tari Legong yang disandingkan dengan keindahan alam Taman Nasional Komodo, serta dipadukan dengan keanggunan Bunga Jepun Bali. Desain uang pecahan Rp50.000 bagian belakang diperindah dengan motif khas Indonesia.

4 dari 8 halaman

Rp20.000

Bagian depan dari uang Rp20.000 ini menampilkan tokoh Pahlawan Nasional Republik Indonesia Dr. G.S.S.J. Ratulangi sebagai gambar utama. Terdapat lambang negara Garuda Pancasila, gambar kepulauan Indonesia, Bunga Anggrek Hitam, dan beberapa motif khas Indonesia.

Adapun bagian belakangnya menampilkan sebuah Tari Gong yang disandingkan dengan keindahan alam Derawan, dipadukan dengan keanggunan Bunga Anggrek Hitam. Desain uang pecahan Rp20.000 bagian belakang diperindah dengan beberapa motif khas Indonesia.

5 dari 8 halaman

Rp10.000

Bagian depan uang Rp10.000 ini menampilkan tokoh Pahlawan Nasional Republik Indonesia Frans Kaisiepo sebagai gambar utama. Terdapat lambang negara Garuda Pancasila, gambar kepulauan Indonesia, Bunga Cempaka Hutan Kasar, dan beberapa motif khas Indonesia, seperti Motif Asmat Papua dan Motif Perisai Citak Asmat.

Serta bagian belakang menampilkan Tari Pakarena yang disandingkan dengan keindahan alam Taman Nasional Wakatobi, dipadukan dengan keanggunan Bunga Cempaka Hutan Kasar. Desain uang pecahan Rp10.000 bagian belakang diperindah dengan Motif Ne’Limbongan Toraja dan Motif Pa’Barana.

6 dari 8 halaman

Rp5.000

Adapun bagian depan menampilkan tokoh Pahlawan Nasional Republik Indonesia Dr. K.H. Idham Chalid sebagai gambar utama. Terdapat lambang negara Garuda Pancasila, gambar kepulauan Indonesia, Bunga Sedap Malam, dan beberapa motif khas Indonesia.

Bagian belakang menampilkan Tari Gambyong yang disandingkan dengan keindahan alam Gunung Bromo, serta dipadukan dengan keanggunan Bunga Sedap Malam. Desain uang pecahan Rp5.000 bagian belakang diperindah dengan beberapa motif khas Indonesia.

7 dari 8 halaman

Rp2.000

Pada bagian depan menampilkan Tokoh Pahlawan Nasional Republik Indonesia Mohammad Hoesni Thamrin sebagai gambar utama. Terdapat lambang negara Garuda Pancasila, gambar kepulauan Indonesia, Bunga Jeumpa, dan beberapa motif khas Indonesia.

Bagian belakang menampilkan Tari Piring yang disandingkan dengan keindahan alam Ngarai Sianok, serta dipadukan dengan keanggunan Bunga Jeumpa. Desain uang pecahan Rp2.000 bagian belakang diperindah dengan beberapa motif khas Indonesia.

8 dari 8 halaman

Rp1.000

Kemudian pada uang Rp1.000 menampilkan Tokoh Pahlawan Nasional Republik Indonesia Tjut Meutia sebagai gambar utama. Terdapat lambang negara Garuda Pancasila, gambar kepulauan Indonesia, Bunga Anggrek Larat, dan beberapa motif khas Indonesia.

Adapun bagian belakang menampilkan Tari Tifa yang disandingkan dengan keindahan alam Banda Neira, serta dipadukan dengan keanggunan Bunga Anggrek Larat. Desain uang pecahan Rp1.000 bagian belakang diperindah dengan beberapa motif khas Indonesia.

Penulis: Natasa K

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS