Sukses

Lagu-lagu Nasional dalam Memeriahkan Hari Kemerdekaan RI

Liputan6.com, Bandung - Menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus nanti, berbagai acara dapat dimeriahkan dan dilakukan dengan berbagai cara.

Misalnya, perlombaan dalam bentuk seni dengan menyanyikan lagu yang mempunyai makna mengenai semangat Indonesia dalam memperingati hari kemerdekaan.

Lagu yang bertemakan perjuangan dan nasionalisme bangsa dapat membuat semangat kita lebih membara terutama dalam mengenang bagaimana perjuangan dari kemerdekaan bangsa Indonesia.

Berikut ada 17 lagu nasional yang dapat kamu nyanyikan atau dengarkan pada saat acara memperingati hari kemerdekaan.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Daftarnya

Indonesia Raya

Lagu Indonesia Raya adalah lagu yang diciptakan oleh W.R Supratman, lagu ini untuk menggambarkan semangat serta cita-cita. Adapun peran dari lagu kebangsaan Indonesia Raya ada dalam Peraturan Pemerintah No. 44 Tahun 1958 yang menyatakan bahwa lagu Indonesia Raya dinyanyikan sebagai “pernyataan perasaan nasional”.

Bagimu Negeri

Lagu Bagimu Negeri adalah lagu yang diciptakan oleh Kusbini pada tahun 1942 dimana lagu ini merupakan lagu wajib perjuangan yang ditetapkan sebagai lagu nasional Indonesia.

Ibu Pertiwi

Lagu Ibu Pertiwi adalah lagu yang ditulis oleh Ismail Marzuki, lirik dari lagu Ibu Pertiwi ini merupakan sebuah perwujudan bentuk manusia dari sebuah negara yaitu Indonesia atau nusantara.

Mengheningkan Cipta

Lagu Mengheningkan Cipta adalah lagu yang diciptakan oleh Truno Prawit. Lagu ini ditandai dengan berdiam diri sambil menundukan kepala untuk merenung, berdoa dan mengenang orang-orang yang telah gugur dalam suatu peristiwa salah satunya untuk mengenang jasa para pahlawan.

Indonesia Pusaka

Indonesia Pusaka merupakan lagu yang dibuat oleh Ismail Marzuki. Lagu ini menjadi sebuah bentuk refleksi dari jiwa seorang rakyat mengenai kecintaannya terhadap tanah air Indonesia.

Bangun Pemuda Pemudi

Lagu bangun pemuda pemudi merupakan lagu yang diciptakan oleh Alfred Simanjuntak yang dimana lagu ini menjadi lagu yang memberikan semangat untuk mengajak para pemudi dan pemuda untuk terus mencintai tanah airnya serta wajib menjaga NKRI.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

Berkibarlah Benderaku

Lagu Berkibarlah Benderaku adalah lagu yang diciptakan oleh Saridjah Niung atau lebih dikenal dengan nama Ibu Soed. Lagu ini mempunyai makna mengenai solidaritas serta kebersamaan untuk terus membela bendera merah putih, membela tanah air Indonesia serta membela bangsa Indonesia untuk terus damai hingga akhir hayat.

Indonesia Tetap Merdeka

Lagu Indonesia Tetap Merdeka merupakan lagu yang diciptakan oleh Cornel Simanjutak. Lagu ini merupakan sebuah ungkapan kebahagiaan untuk seluruh bangsa Indonesia yang bersorak-sorak atas kemerdekaan yang telah diraih oleh bangsa Indonesia.

Rayuan Pulau Kelapa

Rayuan Pulau Kelapa adalah lagu yang ditulis oleh Ismail Marzuki. Lagu ini berisi mengenai keindahan dari alam yang ada di Indonesia, seperti flora, pulau-pulau hingga pantainya.

Garuda Pancasila

Garuda Pancasila adalah lagu yang diciptakan oleh Sudharnoto. Lagu ini mempunyai makna mengenai kesetiaan segenap rakyat Indonesia kepada Pancasila sebagai satu-satunya ideologi atau falsafah dari Bangsa Indonesia.

Merah Putih

Lagu merah putih adalah lagu nasional Indonesia yang diciptakan oleh Gombloh. Lagu ini dalam liriknya mengandung jawaban tantangan kehidupan berbangsa untuk semangat hidup dalam kesatuan.

Maju Tak Gentar

Maju Tak Gentar adalah lagu yang dibuat oleh Cornel Simanjutak yang mempunyai makna mengenai semangat untuk mendorong rakyat Indonesia dalam membela kedaulatan negara bila dalam keadaan bahaya atau terancam.

4 dari 4 halaman

Berikutnya

Tanah Airku

Lagu Tanah Airku adalah lagu yang diciptakan oleh Ibu Sud merupakan lagu yang mempunyai makna akan keindahan dari alam Indonesia, mengenai kecintaan, kebangaan, serta pengabdian kepada negara Indonesia ini.

Syukur

Syukur adalah lagu yang diciptakan oleh Husein Mutahar. Lagu ini mempunyai makna mengenai keikhlasan serta keteguhan kepada Tuhan atas karunia, nikmat serta hidayah dari Tuhan karena atas izinnya kita dapat merasakan kebebasan dari penjajah dan harus bersyukur.

Nyiur Hijau

Lagu Nyiur Hijau adalah lagu yang diciptakan oleh R Maladi. Nyiur Hijau merupakan lagu yang mempunyai makna mengenai kekayaan alam Indonesia dimana banyak nyiur hijau atau kelapa di tepi pantai Indonesia dan harus kita jaga serta lestarikan.

Hari Merdeka

Hari Merdeka adalah lagu yang diciptakan oleh Husein Mutahar dan mempunyai makna mengenai semangat untuk terus berjuang. Lagu ini tidak hanya untuk para pejuang namun juga untuk semua yang ada dalam mengisi kemerdekaan.

Bumi Indonesia

Lagu Bumi Indonesia adalah lagu yang diciptakan oleh Hadi Astuti. Lagu ini mempunyai makna mengenai penggambaran indahnya alam Indonesia dan isinya.

Penulis: Natasa K

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS