Sukses

Lewat Toba Harmoni di Medan, Viky Sianipar Ingin Merangsang Orang-orang Pulang ke Asal

Liputan6.com, Medan Sesuatu berbeda akan dihadirkan musisih berdarah Batak, Viky Sianipar, melalui konser bertajuk Toba Harmoni yang akan digelar di Santika Dyandra Convention Medan pada 15 Oktober 2022.

Bersama promotor ERA Advertising Production dan Viky Sianipar INC, konser ini akan berbeda karena seluruh orang-orang yang dilibatkan anak-anak Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Perwakilan promotor Era Production, Arif Permana mengatakan, ide konser sudah lama dan terealisasi tahun ini. Apalagi daerah-daerah lainnya seperti di Pulau Jawa sudah menggelar acara konser berskala besar.

"Nah, di Sumut ada Toba, kenapa enggak kita buat seperti itu. Rencananya Toba Harmoni ini menjadi agenda tahunan. Kita sudah audiensi sama Wali Kota Medan, Bobby Nasution, dan sangat mendukung," kata Arif, Senin, 15 Agustus 2022, malam.

Disebutkan Arif, awal ide Toba Harmoni ini muncul karena melihat fenomena konser lagu-lagu daerah yang ada di Sumut menjadi suatu yang berbeda.

"Seperti gayung bersambut. Apalagi kita cukup dekat dengan Bang Viky, kita ajukan, dan Bang Viky juga bilang punya ide itu, jadi kita jalankan dan jadilah Toba Harmoni," sebutnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Konsep Toba Harmoni Erat dengan Latar Belakang

Viky Sianipar menjelaskan, konsep Toba Harmoni ini erat dengan latar belakang. Dirinya juga mengaku ada 3 alasan menghadirkan Toba Harmoni. Pertama, tidak terlepas dari daerah lain yang sudah menggelar konser dengan embel-embel nama daerah.

Kedua, lanjutnya, selama 2 tahun belakangan ini Viky merasa terpanggil dan menemukan tempat belajar budaya Batak yang asli, yaitu Pusuk Buhit di Danau Toba.

"Saya punya banyak waktu mengkaji, apa itu Batak, apa itu toba. Hasil dari itu terjadilah Toba Harmoni ini. Akhirnya saya menjawab dari sisi why atau kenapa soal Batak. Belum lagi budaya-budaya aslinya, lagunya, musiknya," terang Viky.

Dijelaskannya, maksud membawa nama Toba pada Toba Harmoni bukan karena Batak Toba, tapi Danau Toba. "Artinya, aslinya, adal mulanya," ujarnya.

Lewat konser Toba Harmoni, Viky ingin mem-publish melalui spirit, yaitu musik, dan merangsang efek, serta merangsang orang-orang untuk pulang ke asal, jati diri, keluarga, dan fitrah.

"Inilah spirit-nya. Karena yang penting adalah efek dari apa yang ditemukan dan menjadi sebuah karya. Akhirnya kita terpikir konsep konser ini," bebernya.

3 dari 4 halaman

Hadirkan Pesan Tersembunyi

Diakui Viky Sianipar, ada pesan tersembunyi dalam konser Toba Harmoni yang efeknya nyata. Menurutnya, untuk apa orang datang melihat konser hanya sebatas keluar kata-kata “keren”, tetapi tidak merasakan dampak besar dari apa yang dilihat.

"Tapi, datang aja nanti, dan akan terjawab apa jawabannya. Saya pastikan, siapa saja yang nonton konser ini akan mengatakan, “ternyata ini jawabannya yang dimaksud Viky”," ungkapnya.

Viky juga membeberkan alasan ketiga menghadirkan Toba Harmoni, yaitu karena dendam pribadi. Sebab, sejak berkarier di musik pada 2002 dan sudah 20 tahun, jika ada event gabungan selalu kelihatan jelas geng-gengnya.

"Anak Medan mana? Aku sangat ngerasain itu. Padahal satu Indonesia tahu Medan itu sarangnya penyanyi. Ini makanya kubilang dendam pribadi," ungkapnya.

Setelah 2 tahun riset, Viky bertemu dengan anak-anak dan musisi Medan. Dipastikannya, pada konser Toba Harmoni tidak membawa 1 pun orang dari luar, semuanya anak-anak Medan.

"Aku yakin, SDM anak Medan bisa seperti standar konser Coldplay. Dengan sombong aku katakan, Medan bisa. Sebenarnya mau apa enggak," tegasnya.

4 dari 4 halaman

Bocoran Lagu di Konser Toba Harmoni

Viky Sianipar membocorkan, akan membawa lagu lama yang belum dia keluarkan sebelumnya. Ada 50 persen lagu lama, 50 persen lagu lebih lama lagi yang belum pernah dikeluari.

"Enggak usah takut, lagu lama tapi visualisasinya akan beda. Selebihnya beberapa lagu baru. Harapan saya, orang datang nonton. Ini ada anak Medan, jauh ke sini untuk berkontribusi," tandasnya.

Soal line up, musisi yang bakal mengisi Toba Harmoni mulai dari Lyodra Ginting, Alsant Nababan, Ogar Nababan, Maria Calista Pasaribu, serta DJ Cliffrs.

Untuk tiket konser semuanya dijual secara online dan bisa dicek di Instagram @tobaharmoni (instagram). Saat ini sudah dijual dengan harga presale: Diamond-A Rp 2.000.000, Diamond-B Rp 1.000.000, Platinum Rp 700.000, Gold Rp 300.000, Festival A Rp 200.000, dan Festival B Rp 100.000.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS