Sukses

5 Destinasi Wisata Yogyakarta yang Cocok Dikunjungi Saat Peringatan Kemerdekaan RI

Liputan6.com, Yogyakarta - Indonesia dikenal kaya akan tempat wisata dan tempat bersejarah, termasuk di Yogyakarta. Wisata sejarah dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme dan cinta tanah air.

Berikut ini, beberapa wisata sejarah Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi saat peringatan kemerdekaan Indonesia:

1. Museum Benteng Vredeburg

Jika kamu pernah mengunjungi Malioboro, pasti kamu pernah melihat bangunan benteng yang berdiri di ujung Malioboro atau lebih tepatnya dekat titik 0 kilometer. Benteng tersebut adalah Benteng Vredeburg.

Benteng yang satu ini merupakan benteng yang dibuat oleh Belanda pada saat itu. Pembangunan benteng ini bertujuan untuk memberikan efek intimidatif pada Keraton Yogyakarta.

Sebelum bernama Benteng Vredeburg, benteng ini memiliki nama asli benteng Rustenberg. Wisata sejarah Museum Benteng Vredeburg buka mulai setiap Selasa hingga Minggu pukul 8 pagi hingga 4 sore dengan tiket masuk hanya Rp5.000 hingga Rp.10.000.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Tugu Pal Putih

2. Tugu Pal Putih

Tugu Pal Putih atau yang lebih populer disebut Tugu Jogja terletak di perempatan Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Margo Utomo, Yogyakarta. Kamu bisa dengan mudah menemukan tugu ini karena berada di tengah kota.

Tugu ini memiliki nilai simbolis yang merupakan garis bersifat magis yang menghubungkan Pantai Parangtritis dan Panggung Krapyak di Kabupaten Bantul, Keraton Yogyakarta di Kota Yogyakarta dan Gunung Merapi di Kabupaten Sleman. Daerah di sekitar Tugu Jogja tak pernah sepi pengunjung karena banyak tempat menarik di sekitarnya.

3. Museum Sasmitaloka

Museum ini merupakan museum sejarah dengan koleksi perjuangan Jenderal Soedirman. Museum ini dulunya merupakan kediaman resmi Jenderal Soedirman setelah dilantik menjadi Panglima Besar Tentara Keamanan Rakyat.

Koleksi yang terdapat di museum ini terdiri dari ruang-ruang dan properti yang dulunya digunakan oleh Jenderal Soedirman, bahkan terdapat juga beberapa jenis senjata yang dahulu digunakan untuk berperang. Museum Sasmitaloka beralamat di Jalan Bintaran Wetan Nomor 3, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta.

 

3 dari 3 halaman

Monumen Jogja Kembali

4. Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali atau Monjali ini sangat terkenal di kawasan Yogyakarta. Selain untuk mengenang kembali perjuangan rakyat Yogyakarta dari penjajahan Belanda, monumen ini juga memiliki spot foto yang sangat Instagrammable.

Museum ini buka setiap Selasa hingga Minggu dengan tiket masuk sebesar Rp15.000. Ada juga diskon khusus 50 persen untuk rombongan anak TK, yatim piatu, dan difabel.

5. Museum History of Java

Museum History of Java merupakan museum sejarah yang telah beroperasi sejak Desember 2018. Tak sekadar melihat koleksi benda purbakala, pengunjung juga bisa menikmati benda-benda tersebut secara langsung melalui teknologi augmented reality (AR), yang memungkinkan pengunjung melihat langsung secara detail koleksi benda-benda tersebut.

Museum History of Java memiliki koleksi benda purbakala masa prasejarah sampai kerajaan-kerajaan lama, seperti Tarumanegara, Majapahit, Demak Bintaro, Cirebon, dan Mataram Islam. Pengunjung dapat masuk ke tempat wisata yang terletak di Bangunharjo ini dengan merogoh kocek sebesar Rp30.000 untuk turis lokal dan Rp50.000 untuk turis mancanegara.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS