Sukses

Viral Penjual Kue Keliling Ditipu Pembeli Pakai Uang Palsu Pecahan Rp100 Ribu

Liputan6.com, Lampung Beredar video seorang penjual kue keliling ditipu oleh pembelinya. Video berdurasi sekitar 38 detik ini viral di jagad media sosial.

Narasi video yang direkam oleh warga menjelaskan bahwa si penjual kue seorang perempuan paruh baya, menjadi korban penipuan. Modusnya, kue yang dia jual dibayar oleh pembeli menggunakan uang palsu pecahan Rp100 ribu. 

Korban yang tak mengetahui keaslian uang tersebut, lantas menyerahkan uang kembalian belanja kepada pelaku sebanyak Rp 80 ribu.

Dalam video yang viral itu juga dikatakan, peristiwa terjadi di sekitar wilayah Kemiling, Bandar Lampung. Keterangan warga yang merekam, Andre mengaku sengaja mendokumentasikan curhatan si penjual kue setelah ditipu orang tak dikenal.

Menurut Andre, penjual kue yang biasa disapa Bude ini memang kerap berjualan di sekitar wilayah Kemiling. "Kemarin hari Rabu, pas lagi beli kue Budenya cerita dapat uang palsu. Setelah saya cek sekilas mirip asli uang Rp100 ribu, tapi palsu," kata Andre, Jumat (12/8/2022).

Andre mengatakan korban baru menyadari bahwa uang tersebut palsu setelah disandingkan dengan uang asli lainnya. Menurutnya, sudah ada beberapa korban lain di sekitar tempat tinggalnya menjadi sasaran pelaku penyebar uang palsu.

"Ada juga korban lain, untuk di sekitar sini mungkin ada 4 warung ketipu. Sama (modus) beli bayar pakai uang palsu," kata Andre. 

Andre tak mengetahui apakah para korban ini telah melaporkan ke pihak kepolisian setempat. Termasuk tempat tinggal penjual kue yang biasa berkeliling di sekitar perumahan, yang turut jadi korban penipuan.

"Rumahnya saya kurang tahu di mana, cuma Bude ini biasa keliling komplek siang sampai sore hari," kata Andre.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS