Sukses

Bisa Diracik Sendiri, Ini 5 Masker Rambut dari Bahan Alami

Liputan6.com, Yogyakarta - Bukan hanya wajah, ternyata rambut juga butuh melakukan perawatan masker. Rutin memakai masker rambut dapat membuat rambut bersinar, menambahkan kelembapannya, dan menenangkan kulit kepala.

Namun, sebagian besar produk masker rambut dibanderol harga yang tidak murah. Untungnya, kamu tetap bisa menggunakan masker rambut bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar rumah.

Kamu bisa meracik beberapa bahan berikut untuk dijadikan masker rambut alami sesuai dengan permasalahan rambut.

1. Busa dari coconut oil

Coconut oil adalah bahan alami kecantikan yang bekerja untuk melembutkan dan mengatasi rambut kering yang tebal. Coconut oil memiliki tekstur yang mudah diserap ke dalam rambut karena asam lemaknya mengandung vitamin E yang berguna untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Selain itu, bahan ini juga berperan sebagai filter UV untuk menghentikan kerusakan akibat sinar matahari. Sifat pelembabnya juga melindungi rambut dari kekeringan.

Ada beberapa cara untuk menggunakan minyak kelapa, tergantung pada kebutuhan rambut. Jika kamu ingin memperkuat akar rambut, kamu bisa mengaplikasikan minyak kelapa selama 10 menit sebelum keramas.

Sedangkan untuk perawatan deep conditioning, kamu bisa menggunakannya sebagai pengganti kondisioner dengan mengaplikasikannya dari tengah hingga ujung  rambut untuk melembabkan dan menghilangkan rambut kusut. Kemudian, jika kamu memiliki masalah ketombe, kamu bisa menggosokkannya langsung ke kulit kepala.

Minyak kelapa memiliki efek antimikroba, yang membantu melawan ketombe, membuka pori-pori, dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Gunakan jumlah yang tepat sesuai ketebalan rambutmu.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Susu dan Madu

2. Susu dan madu

Jika kamu ingin mengobati kerusakan pada rambut, masker dengan campuran susu dan madu bisa kamu coba. Madu mengandung keratin untuk membantu memperkuat rambut dan mencegah kerusakan yang disebabkan oleh rambut yang lemah dan rapuh.

Selain itu, madu juga mendorong regenerasi sel kulit kepala dan memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat menenangkan iritasi. Ketika dikombinasikan dengan susu yang kaya protein, asam amino, vitamin B12, zat besi, dan seng, keduanya dapat membantu melembutkan rambut dan mendukung strukturnya.

Masukkan satu cangkir susu bersama dengan satu sendok makan madu ke dalam botol semprot. Semprotkan ke rambut dan biarkan selama 10 hingga 20 menit setelah keramas atau sebagai pengganti kondisioner.

Bilas dengan air hangat untuk hasil yang mengkilap dan halus. Semakin tebal rambut, semakin tinggi kandungan lemak susu yang harus kamu gunakan, misalnya jika kamu memiliki rambut kasar, gunakan krim, dan jika kamu memiliki rambut tipis, gunakan susu skim.

 

3 dari 4 halaman

Pisang dan Minyak Zaitun

3. Pisang dan minyak zaitun

Pisang yang kaya vitamin dan mineral mampu menghidrasi dan melembabkan rambut kusam, rusak, dan kering. Potasium dalam pisang dapat memperkuat rambut dan menyeimbangkan pH kulit kepala.

Sedangkan, minyak zaitun kaya akan lemak sehat dan vitamin E, yang dapat membuat rambut terlihat lebih berkilau dan halus. Minyak zaitun juga dapat melembabkan rambut dan menyembuhkan kerusakan yang dapat menyebabkan rambut patah dan bercabang.

Untuk membuat masker rambut alami untuk rambut kering dan rontok ini, gunakan satu buah pisang matang dan satu sendok makan minyak zaitun. Haluskan pisang hingga mencapai tekstur yang tidak menggumpal.

Tambahkan minyak zaitun, lalu blender kedua bahan tersebut. Saat mandi, oleskan masker ke seluruh rambut dan kulit kepala dengan jari dan diamkan selama 10 hingga 15 menit sebelum dibilas.

 

4 dari 4 halaman

Kuning Telur

4. Alpukat dan minyak zaitun

Ujung bercabang disebabkan oleh melemahnya struktur kutikula yang mengakibatkan rambut rusak. Kerusakan terutama disebabkan oleh alat styling yang panas, bahan kimia keras, dan radikal bebas.

Meskipun tidak ada yang benar-benar dapat memperbaiki ujung rambut bercabang kecuali dengan rutin memotong ujungnya, tetapi masker rambut alami dapat membuatnya terlihat sehat untuk sementara. Alpukat memiliki mineral yang akan menutup kutikula, serta protein dan vitamin untuk menutrisi dan melembutkan rambut.

Lapisan minyak zaitun akan menambah kilau ekstra dan kehalusan untuk mengkilapkan rambut yang rusak. Untuk membuatnya, gunakan setengah buah alpukat dan setengah cangkir minyak zaitun.

Campurkan kedua bahan tersebut hingga halus dan oleskan pada bagian ujung rambut saja. Diamkan selama kurang lebih 30 menit.

5. Kuning Telur

Masker rambut alami dari kuning telur mengandung vitamin A dan E, biotin, dan folat yang membantu pertumbuhan rambut dan kesehatan rambut. Mengoleskan kuning telur ke kulit kepala dapat menanamkan vitamin ini ke akar rambut.

Aduk kuning telur dan oleskan dengan menggunakan jari. Diamkan selama satu jam dan bilas dengan air dingin.

Hindari membilas dengan air hangat. Hal itu dapat membuat tekstur kuning telur berubah mengental.

(Resla Aknaita Chak)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS