Sukses

Jadi Ancaman di Danau Toba, Ikan Red Devil Justru Berkah di Waduk Sermo Kulonprogo

Berbeda dengan di Danau Toba, ikan Red Devil melimpah di Waduk Sermo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Alih-alih jadi ancaman, di tempat ini ikan Red Devil justru menjadi berkah

Liputan6.com, Kulonprogo - Kabar kemunculan ikan setan merah atau Red Devil Fish di danau Toba, sumatera Utara jadi sorotan publik, belum lama ini. Sejumlah pihak khawatir ikan Red Devil akan menjadi ancaman bagi biota-biota lain di Danau Toba.

Ikan Red Devil memang dikenal sangat agresif. Meski tampak indah, ikan ini gemar memangsa ikan dan hewan lain di sekitarnya.

Selain itu, secara genetik ikan yang sepintas mirip mujair itu bisa tumbuh besar. Perkembangbiakannya juga sangat cepat dan bersifat invasif.

Namun, berbeda dengan di Danau Toba, ikan Red Devil melimpah di Waduk Sermo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Alih-alih jadi ancaman, di tempat ini ikan Red Devil justru pernah menjadi berkah.

Pada 2019, tiap hari warga menangkap ikan ini untuk dikonsumsi atau dijual. Ikan ini menciptakan rantai ekonomi baru di Waduk Sermo.

Salah satu yang memanfaatkannya adalah Karsin, warga Dusun Soka, Desa Hargowilis, Kulonprogo. Ia mengolahnya menjadi cemilan nikmat, kaya manfaat, dan dapat menjadi pundi-pundi keuangannya.

Karsin memanfaatkan dapur yang berada di belakang rumahnya seluas 20 meter persegi. Dari tempat tersebut, ia mampu menghasilkan 40 kg ikan red devil gurih dan renyah setiap harinya, sejenis ikan kripsi. Tak hanya itu, Karsin juga mengolahnya menjadi berbagai jenis makanan yang variatif, seperti kerupuk amplang rasa ikan, abon ikan, dan cheese stick ikan.

Selain itu, dijelaskan Karsin, sisa dari pengolahannya dijadikan ia pakan bebek, sehingga tidak ada yang dibuang.

"Tidak ada yang terbuang. Sisa ikan bahkan jadi pakan bebek yang perlu protein. Kami memanfaatkan bebek untuk diambil telurnya," ungkap Karsin, dikutip dari laman resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

 

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Melimpahnya Ikan Red Devil

Karsin mengaku, selama ini bahan baku yang digunakan tidak pernah habis. Pria asal Pati, Jawa Tengah ini dapat menerima 80 kilogram ikan saban hari dari nelayan ataupun dari warga sekitaran Sermo. Ia beli Rp60.000 per kilogram dan hasil olahannya dijual Rp60.000 - Rp70.000 per kilogram.

"Musim Ramadhan sampai produksi 100 kilogram. Tinggi permintaan sampai tidak sanggup," lanjutnya.

Usahanya telah berjalan sejak 2006. Saat itu, dirinya masih berwirausaha membuka bengkel. Sementara istrinya, Suwartinah (52) seorang penyulam, yang hanya mendapat uang jika ada orderan saja.

Kemudian pada 2006, ia mulai membidik peluang usaha dengan memanfaatkan banyaknya jumlah ikan Red Devil di Waduk Sermo. Usahanya pun membuahkan hasil pada 2007, saat dirinya memperoleh perizinan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT).

"Saya dan istri lalu fokus untuk menjalankan bisnis ini. Istri juga berhenti dari kegiatan menyulamnya," terang Karsin.

Karsin memperkirakan ikan berkembang di Sermo lebih dari 10 tahun. Belum ada penelitian penyebab ikan asal perairan Amerika Tengah ini berkembang lantas menguasai habitat Sermo.

Banyak orang memperkirakan ikan ini ikut berkembang seiring usaha budidaya ikan dengan cara karamba di masa silam.

"Ada yang mengaitkan dengan kegiatan warga membuat karamba di danau di waktu dulu. Ikan red devil kecil kadang tak bisa dibedakan dengan nila atau lainnya, lepas ke danau," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Menekan Populasi Ikan Red Devil

Bagaimanapun, ikan Red Devil bukanlah ikan endemik Waduk Sermo. Karena itu, populasinya mesti ditekan.

Kehadiran industri pengolahan ikan dengan bahan baku ikan invasif ini, dinilai Karsin menjadi salah satu bagian dari upaya mengendalikan populasi ikan. Nelayan menangkap ikan dan disetor ke industri pengolahan.

"Namun, cara ini dirasa belum optimal karena sangat tergantung dengan permintaan pasar yang fluktuatif," imbuhnya.

Beberapa waktu lalu, Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) telah menebar 1,2 juta benih ikan lokal. Karsin mengungkapkan, langkah tersebut merupakan salah satu cara pemerintah yang dapat menekan populasi ikan Red Devil ini.

"Dengan melepas kompetitor, mereka mengharapkan populasi ikan endemik di Waduk Sermo kembali tumbuh. Kami juga akan menyesuaikan bahan baku yang ada," kata Karsin.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.