Sukses

Optimisme Kontingen Indonesia Raih Juara Umum ASEAN Para Games 2022

Menpora Zainudin Amali mengukuhkan kontingen Indonesia yang akan terjun dalam ajang ASEAN Para Games XI 2022 yang akan digelar di Solo pada 30 Juli - 6 Agustus 2022.

Liputan6.com, Solo - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengukuhkan kontingen Indonesia sebanyak 324 atlet untuk ASEAN Para Games XI 2022 di Pendaphi Gedhe Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Senin (25/7/2022). Indonesia dalam ajang pesta olahraga yang diikuti atlet difabel se-Asia Tenggara menargetkan juara umum.

Dalam prosesi itu, Menpora Zainudin Amali yang menjadi pembica upacara menyerahkan bendera Merah Putih kepada Chief de Mission (CdM), Andi Herman. Perwakilan atlet yang mencium bendera Merah Putih adalah Suryo Nugroho dan Ni Nengah Widyasih.

Indonesia sebagai tuan rumah dipastikan siap terjun di multievent untuk atlet berkebutuhan khusus ini. Atlet Indonesia akan terjun di 14 cabang olahraga. Adapun jumlah kontingen terdiri dari 324 atlet, 14 manajer, dan 83 orang pelatih. Termasuk 69 tenaga pendukung, satu CdM,dua wakil CdM dan16 anggota CdM.

"Ditambah 10 psikolog, empat psikiater, enam dokter, dan 10 orang fisioterapi. Jadi total kontingan Indonesia berjumlah 529 orang," sebut CdM Kontingen Indonesia di ASEAN Para Games XI 2022, Andi Herman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Target Juara Umum

Sementara itu, atlet-atlet terbaik Indonesia dipastikan akan ikut serta di kejuaraan ini. Atlet kontingen Indonesia akan mengikuti semua cabang olahraga yang dipertandingkan di ASEAN Para Games.

"Kami menargetkan jadi juara umum yakni minimal dapat torehan 104 medali emas. Atlet sehat semua, dan siap bertanding. Siap optimal mengharumkan nama bangsa, dan mengibarkan bendera Merah Putih setinggi-tingginya,” kata Andi Herman, CdM Kontingen Indonesia di ASEAN Para Games XI 2022.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali berharap para atlet benar-benar menyiapkan diri agar penuh tekad penuh untuk menghadapi pertandingan di ASEAN Para Games 2022. Ia juga berharap kontingen Indonesia bisa meraih juara umum dalam ajang yang digelar pada 30 Juli 2022 hingga 6 Agustus 2022 mendatang.

"Pemerintah berharap apa yang sudah dipersiapkan sebaik-baiknya bisa menghasilkan hasil maksimal seperti yang disampaikan oleh CdM bahwa, kita harus juara umum," katanya.

Menpora optimistis target juara umum bisa diwujudkan kontingen Indonesia dalam ajang ASEAN Para Games 2022. Salah satu alasannya, adalah beberapa atlet yang pernah bertanding di Paralimpiade ikut diterjunkan di ASEAN Para Games 2022, seperti David Jacobs, Ni Nengah dan lainnya.

"Pemerintah khususnya Kementerian Pemuda dan Olahraga memberikan dukungan penuh terhadap kontingen Indonesia," tegasnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.