Sukses

Natto Challenge Viral di Tiktok, Simak Infonya Sebelum Ikutan

Natto merupakan makanan tradisional Jepang berupa kacang kedelai yang difermentasi.

Liputan6.com, Bandung - Berbagai macam challenge dapat ditemui di TikTok, salah satunya Natto Challenge yang kini ramai diikuti oleh masyarakat Indonesia. Sebenarnya apa sih natto itu dan bagaimana rasanya?

Natto merupakan makanan tradisional Jepang berupa kacang kedelai yang difermentasi. Teksturnya yang lengket dan baunya yang tidak sedap menjadikan natto sebagai makanan unik yang menantang.

Di negara asalnya, natto biasa dimakan saat sarapan. Masyarakat di sana juga biasa mencampurkan natto ke dalam nasi. Menurut mereka natto lebih enak jika dimakan dengan nasi.

Di Indonesia, makan natto dijadikan sebagai tantangan karena kebanyakan orang Indonesia tidak cocok dengan makanan tersebut. Namun reaksi orang-orang yang berbeda saat mencoba natto, membuat mereka yang belum mencoba makanan itu penasaran dengan bagaimana rasa natto yang sebenarnya. Pada akhirnya, banyak dari mereka yang ingin mencoba dan meramaikan Natto Challenge tersebut. 

Dari semua orang yang sudah mengikuti Natto Challenge, ada orang yang suka dengan makanan tersebut, ada juga yang tidak bisa menoleransi. Menurut orang-orang yang suka natto, mereka berpendapat bahwa tekstur natto memang menjijikan dan berbau tidak sedap, tetapi natto ini hanya memiliki rasa asin, terlebih makanan ini bergizi dan memiliki banyak manfaat.

Natto memang mengandung banyak gizi dan memiliki banyak manfaat. Di dalam natto terdapat bakteri Bacillus yang bagus untuk pencernaan. Natto juga kaya akan protein sehingga bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat lainnya yaitu natto dapat berguna untuk mencegah penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kepadatan tulang.

Buat kamu yang ingin ikutan Natto Challenge, sekarang natto sudah dapat dibeli di Indonesia. Natto bisa ditemukan di restoran Jepang, supermarket, bahkan sudah tersedia di marketplace.

Harganya bervariasi mulai dari Rp50 ribuan. Dengan harga tersebut, kamu akan mendapatkan 3 pcs natto dengan bumbu pelengkap yaitu kecap asin dan mustard. Semuanya dicampurkan dan diaduk sampai membuat gumpalan yang terlihat seperti lendir.

Kebanyakan dari mereka yang sudah mengikuti Natto Challenge, salah cara dalam memakan makanan tersebut karena mereka hanya mengaduknya sebentar. Menurut Haruka dan Kenta, orang Jepang asli yang sudah lama tinggal di Indonesia, cara makan natto yang benar yaitu dengan cara diaduk yang lama sampai menggumpal. Semakin lama diaduk akan semakin enak.

Apakah kamu berani untuk ikutan Natto Challenge?

Penulis: Najwa Rahmadina

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.