Sukses

Kapolda Jabar Kagum dengan Aksi 'Gercep' Pemda Garut Tangani Banjir

Pemda Garut dinilai gerak cepat dalam mengevakuasi, pembersihan material banjir di kawasan terdampak bencana banjir Garut, perbaikan beberapa fasilitas, termasuk rencana perbaikan rumah.

Liputan6.com, Garut - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat mengapreasi aksi 'gercep'atau gerak cepat Pemerintah Daerah (Pemda) Garut, dalam penanganan musibah banjir dan longsor kali ini.

"Saya menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada Pak Bupati dengan teman-teman instansi terkait yang terlibat di lapangan berjibaku dengan seluruh lapisan masyarakat untuk merapikan akibat banjir," ujar Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana, di lokasi banjir kawasan padat penduduk Cimacan, Senin (18/7/2022).

Menurutnya, aksi gercep Pemda Garut dalam mengevakuasi, pembersihan material banjir di kawasan terdampak bencana banjir Garut, perbaikan beberapa fasilitas, termasuk rencana perbaikan rumah dilakukan secara optimal. "Sekarang fokus kita ke soal keselamatan dan keamanan warga," ujar dia.

Untuk memberikan dukungan bagi mereka, lembaganya menginstruksikan Polres Garut dan instansi terkait, berjibaku menyediakan logistik yang cukup dan layak bagi seluruh warga terdampak banjir Garut kali ini.

"Makan siap saji, makanan nasi bungkus setiap hari, termasuk obat-obatan, alat-alat kesehatan akan kita drop sehingga proses pemulihannya berjalan lancar," kata dia.

Dalam prosesnya, ada sekitar 100 personel gabungan TNI-Polri yang ditugaskan memberikan bantuan bagi masyarakat terdampak banjir.

"Ada PMI (Palang Merah Indonesia) juga, termasuk masyarakat nanti kalau kurang kita akan tambah, ada Brimob ada batalion dan lain-lain," kata dia.

Dengan upaya itu, Kapolda Jabar yang berasal dari Garut ini berharap seluruh kebutuhan masyarakat, hingga proses evakuasi dan penanganan pascabencana banjir ditangani dengan baik.

"Saya ucapkan terima kasih teman-teman media mari kita galang kebersamaan dan solidaritas buat warga kita di Garut," kata dia.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.