Sukses

Mengintip Megahnya Lokasi MTQ di Bonebol dengan Suasana Alam nan Asri

Kali ini, Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) yang menjadi tuan rumah MTQ Provinsi Gorontalo.

Liputan6.com, Gorontalo - Sudah menjadi tradisi daerah serambi madinah, setiap dua tahun sekali, ada agenda besar di Provinsi Gorontalo digelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ).

Meski tahun sebelumnya tidak begitu maksimal karena pandemi Covid-19, tahun ini kegiatan umat Islam di Gorontalo itu, digelar dengan meriah. Kali ini, Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) yang menjadi tuan rumah.

Namun yang menarik dengan MTQ di Kabupaten Bonebol ialah desain lokasinya yang cukup menarik. Danau buatan yang dipilih menjadi tempat kafilah dari masing-masing daerah berlomba.

Danau kecil itu dinamakan taman taqwa, di sebelah barat danau terdapat sebuah masjid agung dengan nama Baitul Haq Islamic Center Bonebol. Itulah mengapa jika danau itu dinamakan taman taqwa.

Di lokasi itu, para kafilah tidak hanya bisa menikmati lantunan ayat suci alquran yang dilantunkan oleh masing-masing peserta. Namun, di lokasi itu  bisa menikmati suasana alam.

Pepohonan rindang yang mengelilingi lokasi menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung. Sebab, lokasi ini berada tepat di kaki gunung Hutan Taman Nasional Bogani Wartabone (TNBNW).

Lokasi yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan membuat suasana di tempat itu, begitu hening. Hal itu membuat para peserta fokus dengan bacaan Al-Qur'an.

"Suasananya sangat bagus, apalagi di kala pagi dan sore hari. Di samping menjadi tempat untuk berlatih, kami juga sekadar bersantai," kata Ismail salah satu kafilah MTQ dari Gorontalo Utara.

Menurutnya, baru kali ini tempat MTQ dilaksanakan di tempat yang mempunyai nuansa alam yang begitu indah. Alam yang masih asri menjadi lokasi mereka berkompetisi.

"Cukup berbeda dengan tempat lain yang pernah kami datangi, biasanya dilaksanakan di lapangan terbuka atau gedung," ujarnya.

"Kali ini kami merasa sangat istimewa dan merasa betah berada di sini," katanya.

Simak juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajang Promosi

Sementara itu, Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan, jika tempat itu sengaja dipilih agar mampu memberikan kenyaman bagi peserta lomba MTQ.

"Mereka datang untuk berkompetisi, jadi tempat bernuansa alam sangat cocok bagi mereka yang pengin ketenangan," kata Hamim.

"Alam yang masih asri dipadukan dengan pemandangan luar biasa, agar mereka tahu ini lah Bone Bolango," ungkapnya.

Selain itu, hal ini bisa memamerkan jika Kabupaten Bonebol memiliki alam yang masih begitu asri. Meskipun wilayah Bonebol sebagian besar adalah hutan, tetapi masyarakat mampu menyatu dengan itu.

"Wilayah Bonebol sebagian besar adalah hutan, jadi ini sebagai ajang promosi jika Bonebol adalah daerah mampu mengelola hutan tanpa mampu merusak," ia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.