Sukses

Rahasia Perusahaan Kuliner Milik Gibran Rakabuming Raka Bertahan di Tengah Pandemi

Putra Sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka bocorkan rahasia perusahaan Mangkokku yang tetap jaya kala pandemi padahal banyak perusahaan startup yang meredup.

Liputan6.com, Solo - Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka mengaku senang dengan perkembangan Mangkokku, startup yang dirintisnya bersama dengan Chef Arnold. Saat startup yang lain berjatuhan, Gibran mengaku mendapatkan banyak investor yang membuat perusahaan rintisannya eksis meskipun di tengah pandemi. 

Perusahaan rintisan (startup) kuliner Mangkokku mengumumkan baru saja mendapatkan suntikan dana sebesar 7 juta dolar Amerika atau senilai Rp101 miliar. Mangkokku pun siap tembus pasar dunia.

"Di tengah pandemi hampir semua startup itu bangkrut. Beda dengan Mangkokku memang saat pandemi penjualannya naik. Banyak investor yang tertarik. Bagaimana to bisa tambah ramai. Lalu kami dapatnya Emtek [PT Elang Mahkota Teknologi Tbk]" kata dia, Senin (13/6/2022).

Investasi yang diperoleh itu untuk mengembangkan outlet sampai 100 di dalam negeri. Penambahan outlet dikejar pada tahun ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cloud Kitchen

Saat pandemi, Mangkokku pun harus melakukan perubahan strategi. Selain mengembangkan usaha online, Mangkokku juga menerapkan cloud kitchen. 

"Dulu konsepnya di dalam mal lalu kena Covid terus kami mengubah konsep. Kami termasuk pertama mengembangkan cloud kitchen," paparnya.

Cloud kitchen ini sangat membantu pertumbuhan Mangkokku. Gibran menyebut, sebenarnya mulai mengembangkan cloud kitchen sebelum pandemi. Waktu itu, mayoritas perusahaan masih bingung atau belum ada bayangan mengenai cloud kitchen.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.