Sukses

Usung Festival Jangkat 2022, Jambi Gelar Famtrip Media

Ajang ini akan memamerkan berbagai kegiatan kearifan lokal, seperti lomba aneka masakan khas Jangkat dan Bakar Jaudah, 24-25 Juni 2022 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Provinsi Jambi siap menggelar Festival Jangkat. Ajang ini akan memamerkan berbagai kegiatan kearifan lokal, seperti lomba aneka masakan khas Jangkat dan Bakar Jaudah, 24-25 Juni 2022 mendatang. Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi juga langsung menggelar Famtrip Media di acara tersebut.

"Sehubungan dengan akan diselenggarakannya Jangkat Culture Festival 2022, bersama ini kami mengundang Media mengikuti rangkaian acara tersebut. Besar harapan kami bagi para peserta untuk memeriahkan, mempublikasikan," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi.

Dalam perhelatan tersebut, rencananya media akan dibawa menuju Geopark Merangin. Geopark merangin sendiri terletak di Kabupaten Merangin, tepatnya di Desa Air Batu dan Dusun Baru, Kecamatan Pemberap. Jarak lokasi Geopark dari pusat Kota Jambi memerlukan waktu perjalanan selama 7 Jam.

Setelah itu para media juga akan diajak mengunjungi kawasan Danau Pauh dengan keindahan panorama Gunung Masurai. Tidak hanya itu, para peserta juga akan di ajak mengunjungi kawasan air terjun Sigerincing dan air terjun Dukun Bertuah. Usai mengeksplor panorama keindahan alam, para peserta akan mengunjungi rumah tua Jangkat, dimana kegiatan jangkat Culture Festival digelar.

"Kita akan bawa untuk mengexplore semua atraksi, amenitas dan akses kami. Karena famtrip itu sangat penting, di mana bisa melihat, merasakan, menikmati dan nanti mempublikasikan," ujar Sekda.

Sekda Sudirman juga mengatakan, media sangat penting dalam pengembangan pariwisata. Itu karena, pariwisata bukan hanya pekerjaan dari pemerintah, namun butuh dukungan dari berbagai pihak terutama dukungan penthahelix.

"Penthahelix tersebut adalah unsur akademisi, pemerintah, komunitas, bisnis dan yang tidak kalah penting juga media, " ujarnya.

Lebih lanjut Sudirman mengatakan, di acara puncak, nantinya berbagai jenis masakan khas Jangkat akan disajikan. Seperti sayur rebus dalam bambu, punai penyet atau geprek, gulai cangkuk, sambal tausak, lempai, nasibus dan berbagai aneka masakan khas Jangkat lainnya.

"Semua masakan itu nanti akan dinilai dari berbagai sisi oleh Tim. Baik itu kandungan gizinya maupun penampilannya, karena akan disajikan dengan piring dan mangkok tradisional terbuat dari aneka ukuran bambu," terang Sudirman yang juga diamini Ketua TP PKK Provinsi Jambi Hesti Haris seperti dikutip dari akun resmi Pemprov Jambi.

Masakan khas dari desa-desa di kawasan Jangkat itu jelas Ketua TP PKK Provinsi Jambi ini, sangat menarik. Dan dengan adanya Festival Jangkat, tentunya masakan-masakan khas Jambi akan semakin dikenal masyarakat luar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bakar Jaudah Massal

Selain itu pada Festival Jangkat lanjut Hj Hesti Haris, juga akan dilakukan acara akbar Bakar Jaudah massal. Acara ini akan diikuti sekitar 600 orang warga yang berada di kawasan Jangkat dan sekitarnya.

Bakar Jaudah yang akan digelar di lapangan bola Jangkat, sekaligus akan melirik rekor Muri. Tidak hanya itu, Festival Jangkat juga akan menampilkan berbagai seni pertunjukan, seperti Tari Kadam, Silek Kadam dan berbagai kesenian lainnya.

Sementara itu Sekda Merangin Fajarman, minta seluruh lapisan masyarakat Provinsi Jambi, khususnya Kabupaten Merangin turut bersama-sama menyukseskan acara akbar tersebut.

"Festival Jangkat ini akan dihadiri tamu dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan ratusan undangan penting lainnya. Mari kita layani tamu kita dengan baik, senyum dan penuh keramah-tamahan yang menjadi adat kita," pinta Sekda Merangin.

"Saya punya beban moral pada event ini, apalagi Jangkat itu kampung halaman saya. Untuk itu, mari bersama-sama kita sukseskan Festival Jangkat tersebut, guna mengangkat nama Kabupaten Merangin," pungkas Hesti Haris.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.