Sukses

Tokoh Pepera Papua Ramses Ohee Meninggal Dunia

Kabar duka datang dari Papua, Ramses Ohee, salah satu pejuang dan tokoh Pepera Papua, meninggal dunia di RS Dian Harapan Waena, Jayapura, Senin siang (30/5/2022).

Liputan6.com, Jayapura - Kabar duka datang dari Papua, Ramses Ohee, salah satu pejuang dan tokoh Pepera Papua, meninggal dunia di RS Dian Harapan Waena, Jayapura, Senin siang (30/5/2022).

"Memang benar beliau meninggal setelah dirawat sejak Selasa (24/5)," kata Humas RS Dian Harapan Waena Edward Dumatubun.

Pepera sendiri merupakan pemilihan umum yang diadakan pada tanggal 14 Juli–2 Agustus 1969 untuk menentukan status daerah bagian barat Pulau Papua, antara milik Belanda atau Indonesia.

Kala itu, sebanyak 1.025 laki-laki dan perempuan yang diseleksi oleh militer Indonesia secara aklamasi memilih bergabung dengan Indonesia.

Hasilnya pun diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam Resolusi 2504 (XXIV) Majelis Umum. Resolusi tersebut tidak mempertimbangkan apakah pelaksanaan Pepera mengikuti Perjanjian New York sesuai Resolusi 1514 dan apakah Pepera tergolong 'penentuan nasib sendiri' sesuai dan Resolusi 1541 (XV)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.