Sukses

90 Pelaku UMKM di Kalsel Dapat Pelatihan Meningkatkan Mutu Produksi

Liputan6.com, Banjarmasin - Kementerian Koperasi dan UKM melalui Deputi Bidang Usaha Mikro bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan menggelar pelatihan untuk UMKM. Kali ini dengan menggelar tiga pelatihan sebagai bentuk sinergitas.

Tiga pelatihan tersebut yakni Bimbingan Peningkatan Mutu Produk Usaha Mikro Bidang Kuliner, Pelatihan e-Commerce bagi Usaha Mikro, dan Pelatihan Usaha Mikro Berbasis Kompetensi Bidang Retail untuk Pramuniaga. Masing-masing pelatihan diikuti 30 pelaku UMKM Kalimantan Selatan.

Asisten Deputi Pengembangan Rantai Pasok Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM RI, Sutarmo menyebutkan, pelatihan kali ini merupakan tindak lanjut dari permintaan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan. Merupakan bentuk sinergitas antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

"Kegiatan hari ini menindaklanjuti dari usulan dinas, sehingga ada beberapa aktivitas kegiatan yang tentunya ini sangat menyentuh kepada UMKM di sini (Kalsel)," ujar Sutarmo usai membuka ketiga pelatihan itu di Nasa Hotel, Rabu (18/5/2022).

Selanjutnya disebutkan jika melalui pelatihan ini diharapkan dapat menjadi penguatan atau peningkatan kualitas UMKM berupa peningkatan pada produksi, pengemasan dan bahkan pemasaran.

Sementara itu, disebutkan pula jika geliat UMKM Kalimantan Selatan cukup baik di tingkat nasional. Pasalnya beberapa produk lokal terlihat potensinya di kanca nasional.

"Kondisi UMKM Kalsel saat ini cukup bagus, potensinya luar biasa, diperkuat dengan produk sasirangan dan produk-produk makanan dan minuman," tambah Sutarmo.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Koperasi dan UKM mengapresiasi bantuan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi pelaku UMKM. Sehingga kali ini ada 90 pelaku UMKM Banua mendapatkan pelatihan dan dapat bersaing secara nasional.

"Melalui tiga pelatihan tersebut, kita berharap mereka nantinya dapat bersaing di skala nasional maupun internasional," sebut Gusti Yanuar Noor Rifai, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalsel.

Simak juga video pilihan berikut: