Sukses

Pj Gubernur Sulbar temui Gubernur Sulsel bahas Kesiapan Daerah Penyangga IKN

Liputan6.com, Makassar - Penjabat Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Malik menemui Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman pada Selasa (17/5/2022). Selain sebagai ajang silaturahmi karena Akmal Malik baru saja dilantik, pertemuan itu juga membahas sejumlah rencana dan agenda penting terkait daerah penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN). 

"Saya bertemu dengan Gubernur Sulsel untuk membicarakan langkah-langkah sehubungan dengan sinergitas khususnya yang berhubungan dengan daerah-daerah yang menjadi penyangga IKN, khususnya Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah nantinya," kata Akmal Malik kepada Liputan6.com, Selasa (17/5/2022). 

Akmal menjelaskan ia berencana akan melibatkan sejumlah provinsi lain di Pulau Sulawesi dan Kalimantan yang notabene juga menjadi daerah penyangga IKN. Hal itu dilakukan untuk mendorong dan mendukung agar implementasi IKN itu bisa berjalan dengan baik.

"Mungkin juga nanti kita coba melibatkan tidak saja tiga provinsi yang berada di Selat Malaka ini, tapi juga seluruh provinsi yang ada di Pulau Sulawesi dan juga Kalimantan kita akan urung rembuk segera untuk membicarakan apa yang bisa kita berikan untuk membantu agar kebijakan dan kebutuhan IKN ini bisa berjalan segera," paparnya. 

Pada prinsipnya, lanjut Akmal, pihaknya sangat siap untuk membantu segala kebutuhan IKN. Oleh sebab itu, Akmal mengaku pada bulan Juni mendatang sejumlah pemangku kepentingan akan menggelar rapat terkait keberlangsungan daerah penyangga IKN

"Maka dari itu kita berencana akan mengadakan rapat koordinasi nanti pada bulan Juni, kita akan undang Otorita IKN, kita juga akan undang beberapa menteri termasuk para Menko dan Mendagri untuk memberikan semangat agar dukungan dari pemerintah provinsi terhadap IKN tidak hanya sebatas sebagai daerah penyangga, tetapi juga mungkin kita harapkan seluruh provinsi dan kabupaten kota se-Indonesia bisa memberikan dukungannya untuk pembangunan IKN," jelasnya. 

 

2 dari 2 halaman

Sulawesi Barat Berbenah

Sebagai daerah penyangga IKN, Provinsi Sulawesi Barat memang menjadi provinsi terdekat di luar Pulau Kalimantan. Akmal pun bertekad akan menyiapkan segala hal-hal yang akan diperlukan di Sulawesi Barat terkait kebutuhan daerah penyangga IKN.  Apalagi selama ini Sulawesi Barat hanya menjadi daerah perlintasan untuk segala produksi-produksi pertanian dan hortikultura. 

"Nah ke depan, kita ingin Sulbar harus membangun infrastruktur-infrastruktur agar tidak hanya sebatas menjadi perlintasan saja, tetapi dia juga memberi dukungan kepada IKN," imbuhnya.

Akmal pun berencana akan mengundang seluruh pihak-pihak yang berwenang, khususnya di Sulawesi Barat terkati rencananya tersebut. 

"Kita sekali lagi akan mengundang seluruh pemangku kepentingan di Sulbar, untuk nantinya bersama-sama mendorong peningkatan hortikultura, mendorong produksi-produksi kebutuhan lainnya yang tentunya akan bermanfaat bagi IKN," jelasnya. 

Simak juga video pilihan berikut ini: