Sukses

3 Misteri Bikin Lawang Sewu Jadi Bangunan Terangker di Dunia, Ada Hantu Bawah Tanah

Liputan6.com, Denpasar - Semarang merupakan kota di Jawa Tengah yang memiliki beragam wisata menarik untuk dikunjungi. Salah satu tempat yang memikat hati wisatawan adalah Lawang Sewu. Lokasinya berada di kawasan bundaran Tugu Muda.

Lawang Sewu adalah bangunan perkantoran yang dibangun sebagai kantor pusat Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappjic (NIS). Bangunan yang merupakan aset Kereta Api Indonesia (KAI) ini dijadikan museum yang menyimpan sejarah perkeretaapian

Jika mengulik artinya, nama Lawang Sewu diambil dari bahasa Jawa yang berarti bangunan pintu seribu. Memang kalau dari kejauhan terlihat banyak pintu yang jumlahnya seperti seribu. Padahal fakta menyebutkan pintu-pintu Lawang Sewu hanya 429 saja.

Namun hal tersebut bukan menjadi persoalan utama. Justru menarik dan menjadi salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh wisatawan. 

Berkunjung ke Lawang Sewu bukan sekadar mengetahui potret perkeretaapian masa lampau, tapi juga bisa mengabadikannya dengan jepretan kamera. Sudut-sudut di Lawang Sewu ini sangat ciamik dan instagramable.

Meski terkenal dengan kemegahannya, namun konon gedung yang dibangun pada 1904 ini disebut salah satu bangunan terangker di dunia versi Google Earth. Banyak misteri-misteri yang menjadi cerita masyarakat.

Mengutip berbagai sumber, berikut misteri-misteri Lawang Sewu yang telah dirangkum Liputan6.com.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

2 dari 3 halaman

1. Hantu Bawah Tanah

Di Lawang Sewu terdapat penjara bawah tanah. Konon jika ke tempat tersebut akan menemukan hal-hal yang membuat jantung berdetak lebih kencang. 

Berdasarkan cerita-cerita, mereka yang ke ruang bawah tanah tersebut akan menemukan bayangan seperti manusia dengan mata hijau menyala. Jika melihat, bayangan tersebut akan mendekati.

2. Bau Aneh di Penjara Bawah Tanah

Selain ada bayangan bermata hijau menyala, ketika mendekati penjara bawah tanah akan tercium bau-bau aneh seperti bau anyir darah. Bau tersebut entah ada kaitannya atau tidak dengan orang tahanan yang sering tewas di dalam penjara yang seharusnya cukup 1 orang malah jadi 5-6 orang.

3 dari 3 halaman

3. Misteri Suara Teriakan di Sumur Bawah Tanah

Kalau ke depan gedung utama Lawang Sewu, pengunjung akan menemukan sumur tua bawah tanah. Sumur tersebut sudah lama tidak dibuka untuk publik. Konon, jika malam hari teriakan misterius suka terdengar dari sumur ini. 

Sumur tersebut disebut-sebut tempat tentara Jepang untuk menyiksa tentara Belanda. Suara-suara rintihan bak minta tolong itu konon adalah tentara Belanda.