Sukses

Sikapi Koalisi 3 Partai untuk Pemilu 2024, AHY Tegaskan Demokrat Tidak Tergesa-gesa

Liputan6.com, Medan Partai Golkar, PAN, dan PPP, sepakat membentuk koalisi untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Koalisi diumumkan lebih awal karena tidak ingin mengulang Pemilu sebelumnya yang menyebabkan perpecahan, karena hanya ada 2 pasangan calon.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkapkan, langkah yang diambil oleh Golkar, PAN, dan PPP, merupakan hak dari seluruh partai politik.

"Hari ini masih dinamis dan cair. Partai Demokrat saat ini juga selalu membangun komunikasi dan silaturahmi dengan berbagai partai politik lain," kata AHY usai makan bersama dengan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahamayadi, di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman, Kota Medan, Minggu (15/5/2022) malam.

Disampaikan AHY, dirinya juga terus membangun komunikasi dan silaturahim dengan sejumlah tokoh atau figur yang selama ini juga bisa dikatakan mendapatkan perhatian, bahkan dukungan untuk mendapatkan panggung di 2024.

"Artinya, di waktu yang ada ini, Partai Demokrat lebih cenderung membangun kebersamaan dan chemistry dengan partai lainnya," ungkap AHY.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 4 halaman

Masih Cukup Waktu

Menurut AHY, di medio 2022 ini masih cukup waktu bagi partai politik membangun kebersamaan. AHY memilih Partai Demokrat untuk berproses dan tidak tergesa gesa. Daripada seolah cepat, cepat terbentuk, maka peluang bubarnya juga cepat.

Lalu, lanjutnya, jika memang ada titik temu, baik visi misi dan juga pendekatan untuk rakyat. Paling tidak serupa, bisa dikatakan akan terjalin sebuah koalisi yang solid.

"Sekali lagi, tentu semua memiliki hak masing-masing, kita hormati dengan baik. Kami merasa masih cukup waktu berkomunikasi dan chemistry antara satu dengan yang lainnya," ucapnya.

3 dari 4 halaman

Dukung Edy Rahmayadi 2 Periode

Sebelumnya, Partai Demokrta mendukung Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, untuk kembali maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Tujuannya untuk menyejahterakan rakyat Sumut.

Dukungan disampaikan langsung Ketua Umum Partai Demokrat, AHY, usai makan malam dengan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.

"Pak Gubernur Sumatera Utara, Pak Edy Rahmayadi, memiliki niat dan cita-cita untuk bisa meningkatkan kesejahteraan, memajukan provinsi ini. Populasinya besar, dan masalah-masalahnya kompleks," kata AHY.

AHY mengungkapkan, Partai Demokrat mendukung dan siap menyukseskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut yang dipimpin Edy Rahmayadi. AHY juga menegaskan, Demokrat bersikap akan mendukung Edy Rahmayadi 2 periode.

"Niat kami hari ini menyukseskan pemerintahan beliau (Edy Rahmayadi) sebagai gubernur. Ketika ada ikhtiar berikutnya, dalam rangka semangat melanjutkan apa yang belum tuntas, dan apa belum ditingkatkan beliau," ucapnya.

4 dari 4 halaman

Alasan Dukung Edy Rahmayadi

Menurut AHY, alasan Partai Demokrat memberikan dukungan adalah untuk dapat menyukseskan visi dan misi Edy Rahmayadi sebagai Gubernur Sumut, dan untuk menyejahterkan rakyat Sumut pada periode selanjutnya.

"Insha Allah kami terus beri dukungan, sehingga bisa sukses dan ini diperlukan berkelanjutan," sebutnya.

Disampaikan AHY, Edy Rahmayadi merupakan sosok yang banyak memiliki pikir-pikiran strategis, gagasan-gagasan, serta niat baik untuk membangun Sumut demi kesejahteraan rakyat.

"Beliau juga berenergi, tidak terlihat lelah sedikit pun. Beliau juga selalu berupaya baik untuk kesejahteraan Sumut. Perlu kita dukung," ucap AHY.