Sukses

Ruas Banyumas-Pejagan Macet, Jalur Selatan Cilacap-Bandung Ramai Lancar

Arus kendaraan di ruas Ajibarang-Bumiayu tersendat, sehingga mengakibatkan terjadinya penumpukan arus kendaraan di simpang SPBU Ajibarang

Liputan6.com, Banyumas - Suasana arus balik pada H+4 Lebaran 2022 di ruas Ajibarang-Bumiayu yang merupakan jalan penghubung jalur tengah dan selatan Jawa Tengah menuju jalur pantura terpantau macet.

Dari pantauan di Simpang SPBU Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Sabtu pukul 18.00-19.00 WIB, arus kendaraan dari arah jalur tengah (Purwokerto, red.) maupun jalur selatan (Wangon, red.) yang hendak masuk ke ruas Ajibarang-Bumiayu padat.

Sementara arus kendaraan di ruas Ajibarang-Bumiayu tersendat, sehingga mengakibatkan terjadinya penumpukan arus kendaraan di simpang SPBU Ajibarang.

Bahkan, antrean kendaraan dari arah jalur tengah maupun jalur selatan terpantau cukup panjang.

Terkait dengan kondisi tersebut, Tim Urai Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyumas melakukan penarikan arus kendaraan di ruas Ajibarang-Bumiayu guna mengurai kemacetan di simpang SPBU Ajibarang.

Saat ditemui di Simpang SPBU Ajibarang, Kepala Polresta Banyumas Komisaris Besar Polisi Edy Suranta Sitepu mengakui arus balik di ruas Ajibarang-Bumiayu pada Sabtu (7/5) malam mengalami kepadatan.

"Seperti diketahui di daerah Pekuncen ke atas (bagian ruas Ajibarang-Bumiayu, red.) itu ada tikungan (membentuk) S, ada tanjakan, kemudian arus kendaraan ini ada kendaraan-kendaraan besar, sehingga kendaraan ini mengalami perlambatan ketika menanjak," katanya, dikutip Antara.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kondisi Jalur Selatan Cilacap Ramai Lancar

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya melakukan penarikan-penarikan arus kendaraan yang dilakukan Tim Urai.

Selain itu, pihaknya juga memberdayakan Tim Raimas untuk mengingatkan kendaraan-kendaraan yang beristirahat di bahu jalan agar masuk ke kantong-kantong parkir, sehingga tidak menghambat arus balik.

"Kami juga melakukan upaya-upaya untuk mengurangi kepadatan arus di Ajibarang, yakni dengan mengarahkan arus kendaraan di Wangon untuk tetap melalui jalur selatan ke arah Bandung. Selain itu juga terhadap kendaraan di Kemranjen diarahkan ke Kaliori, selanjutnya Purbalingga menuju Tol Pemalang," kata Kapolresta.

Saat dihubungi dari Ajibarang, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Cilacap Ajun Komisaris Polisi Ris Andrian mengatakan arus balik di jalur selatan Jateng khususnya yang melintasi simpang Tugu Sampang, Kabupaten Cilacap, terpantau ramai lancar.

Menurut dia, kondisi tersebut juga terjadi di jalur selatan Jateng ruas Karangpucung, Kabupaten Cilacap, hingga perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat.

"Oleh karena itu, kami imbau pemudik yang hendak balik ke Jakarta dan sekitarnya untuk memanfaatkan jalur selatan karena informasi yang kami terima, arus balik di ruas Ajibarang menuju Tol Pejagan cukup padat," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.