Sukses

Jelang MotoGP, Warga Pujut Lombok Gelar Ritual Bejambek di Bawah Patung Jokowi

Jelang penyelenggaraan event MotoGP yang akan berlangsung mulai esok 18- 20 Maret 2022, sejumlah warga Lombok menggelar ritual Bejambek, atau ritual syukuran.

Liputan6.com, Lombok - Jelang penyelenggaraan event MotoGP yang akan berlangsung mulai esok 18-20 Maret 2022, sejumlah warga Lombok menggelar ritual Bejambek, atau ritual syukuran.

Ritual bejambek tersebut digelar oleh para tokoh adat setempat di pintu masuk Sirkuit Mandalika, tepat di bawah patung Presiden Jokowi.

"Ritual ini kami sebut dengan istilah Bejambek, atau ungkapan rasa syukur atas digelarnya MotoGP di tanah ini," ujar Rahmat Panye, kepala Dusun Pujut, desa Kuta, Lombok Tengah, Kamis (17/3/2022).

Selain ungkapan syukur karena digelarnya MotoGP, ritual yang digelar di bawah patung Jokowi ini juga digelar sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada Presiden karena pada era Jokowi, Mandalika berubah.

"Dulu tempat ini sepi, pedesaan. Sekarang sudah berubah menjadi kota yang megah dan dikenal dunia. Itu berkat perhatian lebih Pak Jokowi kepada tempat ini," kata Lalu Zakaria, Ketua BPD Pujut.

Ritual bejambek ini berlangsung selama kurang lebih setengah jam. Sebelum dimulai, para tokoh adat ini menyiapkan dulang sajian khusus berisi buah buahan, jajanan, dan beberapa bongkol buah kelapa.

Kemudian mereka beramai-ramai membaca surat pendek Al-Qur'an dan dilanjutkan dengan zikir dan doa. Spontan, ritual unik ini menarik mata para pengunjung yang melintas di jalan area sirkuit Mandalika.

Sebab, ritual ini berada tepat di bawah patung Presiden Jokowi yang mengendarai sepeda motor. Patung Jokowi tersebut dijadikan sebagai spot swafoto (Selfie) bagi pengunjung sirkuit Mandalika.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.