Sukses

5 Fakta Kebakaran di Lapak Relokasi Pasar Johar Semarang

Kebakaran di relokasi Pasar Johar, Kota Semarang terjadi pada Rabu (2/2/2022) malam sekitar pukul 18.30 WIB. Para pedagang tak bisa berbuat banyak setelah kiosnya dilalap si jago merah.

Liputan6.com, Semarang - Kebakaran di relokasi Pasar Johar, Kota Semarang terjadi pada Rabu (2/2/2022) malam sekitar pukul 18.30 WIB. Para pedagang tak bisa berbuat banyak setelah kiosnya dilalap si jago merah.

Disebutkan kebakaran tersebut bermula api terlihat dari F4 hingga akhirnya melahap ke F9 di kompleks Pasar Johar relokasi.

Akibat kebakaran itu, para pedagang harus merelakan barang-barang di kiosnya yang ludes terbakar. Kerugian yang dialami para pedagang hingga ratusan juta rupiah. Hal ini diakui oleh Amad, salah seorang pedagang di Pasar Johar.

Tidak hanya itu saja fakta seputar kebakaran di relokasi Pasar Johar Semarang. Berikut ini lima fakta lainnya kebakaran di relokasi Pasar Johar yang dirangkum Liputan6.com.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Damkar Gabungan Dikerahkan

Sekitar 20 mobil pemadam kebakaran (damkar) gabungan se-Semarang Raya langsung dikerahkan untuk memadamkan api di relokasi Pasar Johar dekat Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT).

Pihak kepolisian juga turut membantu dengan mengerahkan mobil water canon milik brimob Polrestabes Semarang.

 

2. Kepala Daerah Terjun ke Lokasi

Mendapat informasi relokasi Pasar Johar kebakaran, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi langsung terjun ke lokasi.

Ganjar saat itu meminta warga yang menonton kebakaran relokasi Pasar Johar untuk tidak mengganggu para petugas damkar yang tengah memadamkan api. Ia mempersilakan petugas damkar untuk segera memadamkan si jago merah.

"Minggir Mas, ini buat jalan pemadam kebakaran. Pak polisi, ayo ini jalan dikosongkan biar pemadam bisa lewat. Sekarang Pak, ayo semua minggir," kata Ganjar.

3 dari 4 halaman

3. Kebakaran Jadi Tontonan Warga

Ketika para petugas damkar tengah berjibaku memadamkan api yang melahap sejumlah kios di Pasar Johar, para warga justru asyik menyaksikan kebakaran tersebut. Bahkan, mobil damkar kesulitan masuk ke lokasi kebakaran.

 

4. Janji Wali Kota Semarang

Wali Kota Semarang Hendrar Prihati yang meninjau lokasi kebakaran pada malam itu memberikan janji ke para pedagang.

"Nanti akan ada bantuan untuk mereka (pedagang) untuk bisa kembali jualan," kata Hendi.

Orang nomor 1 di Semarang itu mengaku dirinya telah mengerahkan semua daya upaya untuk melakukan pemadaman.

4 dari 4 halaman

5. Kebakaran Bukan yang Pertama Kalinya

Fakta lain, ternyata kebakaran yang terjadi di Pasar Johar bukan yang pertama kalinya. Kebakaran pernah terjadi pada Mei 2015.

Korsleting listrik menjadi penyebab kebakaran 7 tahun silam itu. Kerugian kebakaran Pasar Johar 2015 mencapai Rp3 triliun lebih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.