Sukses

Tanah Bergerak, Rumah Ambles di Lebak

Rumah warga di Lebak ambles akibat pergerakan tanah yang terjadi pada area sepanjang 450 meter

Liputan6.com, Balikpapan - Hujan yang turun pada Kamis (27/1/2022) memicu pergerakan tanah yang mengakibatkan rumah milik warga ambles sedalam 1,5 meter di Desa Cilangkap, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

"Beruntung, bencana alam itu tidak menyebabkan korban jiwa maupun korban luka," kata Udin (55), warga Cilangkap yang rumahnya ambles, Sabtu (29/1/2022), dilansir Antara.

Karena rumahnya ambles akibat pergerakan tanah yang terjadi pada area sepanjang 450 meter, Udin dan keluarganya mengungsi ke rumah orangtua.

Menurut Udin, tanda-tanda pergerakan tanah sudah terlihat sejak sepekan lalu sehingga dia dan keluarganya memutuskan untuk mengungsi ke rumah orangtua yang berada tidak jauh dari rumahnya.

"Kami tidak bisa membayangkan jika ditempati rumah itu dipastikan menimbulkan korban," kata Udin.

Dia mengaku menanggung kerugian sekitar Rp250 juta karena rumahnya ambles.

"Kami tentu bingung untuk kembali membangun rumah, karena kondisi sekarang kesulitan ekonomi," katanya.

Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lebak Febby Rizky Pratama, wilayah Kecamatan Kalanganyar, Cimarga, Muncang, Sajira, Cipanas, Lebak Gedong, Curugbitung, Bojongmanik, Cirinten, dan Banjarsari rawan mengalami pergerakan tanah karena berada dekat dengan aliran sungai.

"Kami mengimbau warga yang berada di sekitar bantaran sungai agar waspada jika hujan deras," kata Febby.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini