Sukses

Mencari Bibit Unggul Pesepak Bola Nasional dari Ajang Piala Soeratin

Liputan6.com, Bantul - Asprov PSSI DIY kembali menggelar kegiatan kompetisi sepak bola bergengsi tingkat pembinaan usia dini dan muda. Kegiatan tersebut di antaranya ajang kompetisi Piala Soeratin U-13, U-15, dan U-17. Ajang kompetisi bergengsi tingkat pembinaan usai muda itu digelar pada hari Minggu (16/1/2021) di Stadion Sultan Agung, Bantul, DIY.

Ajang kompetisi bergengsi tingkat pembinaan usia muda itu menjadi ajang paling ditunggu oleh para atlet muda sepak bola di Indonesia. Bahkan, ajang Piala Soeratin itu setiap tahunnya selalu ditunggu khususnya anak-anak yang telah tergabung dalam akademi sepak bola lokal di daerahnya, dari tingkat kecamatan hingga provinsi.

Ketua KONI DIY Djoko Pekik Irianto mengatakan rangkaian kompetisi Piala Soeratin dimulai dengan pembukaan Piala Soeratin U-13 resmi dibuka sekaligus penyerahan hadiah untuk kompetisi Piala Soeratin U15 dan U17 yang telah lebih dulu diselenggarakan beberapa minggu lalu.

"Dua pertandingan Piala Soeratin U-13 hari ini antara PS Baturetno melawan PSTN, Raga Putra Menoreh melawan Satria Adikarta. Kita buka kegiatan ini untuk menjaring tim-tim terbaik dari berbagai daerah. Semoga kegiatan ini bisa menjadi semangat dan memupuk semangat generasi muda sepak bola kita," katanya dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Minggu (16/1/2022).

 

Simak video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Ajang Pencarian Bakat

Ia menyebut, sepak bola Indonesia khususnya pembinaan usia muda masih bisa berlanjut, karena banyak cara dilakukan untuk pembibitan pemain muda di Indonesia, salah satunya melestarikan kompetisi Soeratin yang sudah sejak jaman penjajahan dilakukan

"Sebuah kompetisi sepak bola khusus pemain muda sekaligus pencarian pemain-pemain berbakat yang nantinya bisa memiliki banyak peluang berkarier di sepak bola profesional dalam atau pun luar negeri," ucapnya. 

Sementara itu, dalam kesempatan itu final Piala Soeratin U-15 antara Persig Gunungkidul kontra JK United yang berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan JK United. Hal itu memastikan gelar juara Piala Soeratin U-15 disabet JK United.

Di sisi lain, pertandingan Final Piala Soeratin U-17 tahun 2021/2022 adalah Raga Putra Menoreh melawan UAD FC. Pemberian penghargaan Piala Soeratin U-15 dan U-17 hari ini diberikan oleh Ketua Umum PSSI DIY, Ahmad Syauqib didampingi oleh Exco PSSI DIY dan KONI DIY.