Sukses

Mengenal PSC 119, Layanan Kilat Tanggap Darurat Kesehatan dan Bencana di Bonebol

Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) kini memiliki Public Safety Center (PSC) 119, yang memberikan layanan cepat kesehatan untuk masyarakat secara gratis.

Liputan6.com, Gorontalo - Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) kini memiliki Public Safety Center (PSC) 119 yang memberikan layanan cepat kesehatan untuk masyarakat secara gratis. Mulai dari ruang perawatan, ruang service center, hingga mobil operasional ambulans.

PSC 119 Bonebol merupakan PSC kedua di Provinsi Gorontalo, yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Bonebol dan sudah digunakan mulai Jumat (14/1/2022).

Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengungkapkan, dibangunnya PSC 119 ini merupakan salah satu upaya pemerintah, untuk menghadirkan layanan cepat kepada masyarakat yang membutuhkan pertolongan kesehatan.

Tidak hanya layanan kesehatan, inovasi ini juga bisa digunakan saat ketika terjadi bencana alam di daerah tersebut. Layanan inilah yang kemudian dengan cepat melayani warga yang membutuhkan.

“Misalnya ada masyarakat yang terkena serangan jantung, dan masyarakat awam yang tidak memiliki pengetahuan dasar, maka mereka bisa menghubungi PSC 119,” kata Hamim.

"Tidak hanya layanan kesehatan cepat, ini juga bisa memitigasi korban ketika dalam keadaan darurat, misalkan terjadi bencana alam secara tiba-tiba," tuturnya. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangkau Pelosok

Dengan layanan ini kata Hamim, bahwa masyarakat bakal dipandu langsung oleh petugas sebelum mereka mendapatkan pertolongan. Namun hal ini masih akan disosialisasikan di masyarakat hingga tingkatan dusun.

“Di tengah pandemi Covid-19, mudah-mudahan ini bisa membantu masyarakat. Terutama bagi warga miskin yang tidak punya biaya transportasi ke rumah sakit,” jelas Hamim.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango, Dr. Meyrin Kadir mengaku jika layanan PSC 199 ini bisa menjangkau masyarakat hingga sampai pelosok.

“Dengan adanya PSC ini kami berharap semua masyarakat yang jauh berada di pelosok akan terlayani dengan cepat. Kiranya ini akan beroperasi 1 kali 24 jam,” ia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.