Sukses

Banyak Atlet dari Sulawesi Utara, Menpora Mengubek-ubek Cari Bibit Unggul Bidang Olahraga

Wakil Gubernur Sulut Steven OE Kandouw merespon dengan positif dan bangga terkait roadmap Menpora Amali yang dinilai sesuai dengan upaya Pemprov Sulut menciptakan SDM unggul.

Liputan6.com, Manado - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan, Sulut memiliki potensi yang besar di bidang olahraga. Salah satu indikatornya adalah banyak atlet nasional yang berasal dari Sulut.

"Sulut memiliki potensi untuk olahraga pendidikan, olahraga rekreasi, olahraga prestasi, industri olahraga hingga wisata olahraga," ujar Amali saat menggelar sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 86 tahun 2021 terkait Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Manado, Rabu (24/11/2021).

Menpora mengatakan, Perpres Nomor 86 tahun 2021 tentang DBON harus disosialisasikan ke berbagai daerah, di dalamnya ada tugas-tugas pemda yang mencakup hulu terkait kebugaran masyarakat dan hilirnya prestasi. Sulut menjadi salah satu tempat sosialisasi DBON karena dianggap memiliki potensi besar baik untuk olahraga pendidikan, olahraga rekreasi, olahraga prestasi, industri olahraga, wisata olahraga.

"Saya sudah bertemu dengan Bapak Gubernur, bahwa akan ada kegiatan-kegiatan olahraga baik nasional dan internasional yang bisa diselenggarakan di Sulut ini," jelas Menpora Amali.

Menurut Menpora, selama ini prestasi olahraga nasional belum terdesain dengan baik, maka Presiden Joko Widodo memerintahkan kepada dia untuk mereview total tentang ekosistem pembinaan olahraga nasional. Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat peringatan Hari Olahraga Nasional ke-37 tahun 2020, hingga lahirnya Perpres 86 tentang DBON.

"Mohon dukungan semua pihak baik juga media agar Perpres 86 tentang DBON ini bisa tersosialisasi merata sampai ke tingkat-tingkat masyarakat," ujarnya.

Hal itu dimaksudkan sekaligus menjadi kekuatan baru buat Indonesia untuk membangun SDM, membangun kebugaran masyarakat, dan sekaligus menuju prestasi olahraga yang semakin bagus.

Wakil Gubernur Sulut Steven OE Kandouw merespon positif dan bangga terkait roadmap Menpora Amali yang dinilai sesuai dengan upaya Pemprov Sulut menciptakan SDM unggul. Menurutnya, Gubernur Sulut juga merespon dengan baik roadmap olahraga yang dicanangkan oleh Bapak Menpora.

"Bak gayung bersambut dengan upaya kita menciptakan masyarakat yang beriman, SDM pendidikannya mantap dan fisiknya bagus," tutur Steven.

Menurutnya, dengan DBON ini tentu saja memperjelas rambu-rambu dan tahapan-tahapan untuk mencapai arahan tujuan itu. Pihaknya merasa senang, salut dan apresiasi dengan langkah konkret yang dicanangkan oleh Bapak Menpora dengan DBON.

"Kami pemerintah dan warga Sulut siap mendukung DBON, untuk menciptakan prestasi di bidang olahraga," ujar Steven.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.