Sukses

Sulsel jadi Daerah Pertama Pelaksanaan Desain Besar Olahraga Nasional

Menpora Zainuddin Amali pun membuka sekaligus memberikan arahan terkait Desain Besar Olahraga Nasional tersebut di Makassar.

Liputan6.com, Makassar - Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainuddin Amali membuka sekaligus memberikan pengarahan terkait Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional atau DBON di Hotel Myko Makassar pada Minggu (7/11/2021). DBON adalah program terintegrasi untuk mencari dan melatih atlet yang kemudian akan diikutsertakan dalam event-event olahraga internasional. 

Provinsi Sulawesi Selatan pun dipilih menjadi daerah pertama dari 10 daerah yang ditargetkan untuk menjalankan DBON. Alasannya adalah karena Sulawesi Selatan merupakan salah satu sentra penghasil atlet berbakat di Tanah Air. 

 

"Sosialisasi Perpres Nomor 86 tentang olahraga nasional, kita memilih Sulsel sebagai lokasi pertama karena Sulsel 10 sentra dari tempat untuk didesain dan pengembangan talenta sesuai dengan kondisi di daerah," kata Zainuddin kepada wartawan, Minggu (7/11/2021). 

Zainuddin menceritakan bahwa dalam perjalanannya, atlet-atlet bertalenta di daerah ditemukan secara tidak sengaja. DBON ini pun hadir untuk mencari dan membentuk atlet bertalenta untuk meningkatkan prestasinya di ajang internasional. 

"Prestasi yang muncul itu karena by accident, kita ketemu bakat, kita ketemu talenta setelah itu kita kemudian jadikan berprestasi. Makanya kita tidak pernah sentuh lapisan dibawanya maka itu masih berjalan sampai itu," jelasnya. 

Zainuddin menyebut bahwa DBON ini diketuai langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang didampingi oleh Kementerian Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sebagai wakilnya. Sementara Zainuddin Amali sendiri menjabat sebagai ketua harian. 

"Ketuanya Wapres langsung, tentu kalau di daerah ketuanya gubernur," sebut Zainuddin. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemprov Sulsel Sambut Baik DBON

Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menyambut baik hadirnya DBON di Sulawesi Selatan. Dia mengatakan bahwa Pemprov Sulsel pun akan mendukung sekuat tenaga DBON ini. 

"Kami Provinsi Sulsel sangat mengapresiasi sekali pak menteri atas penyampaian sebelumnya bahwa Sulsel masuk salah satu spot size di Indonesia dari 10 daerah lainnya," kara Sudirman kepada wartawan. 

Hal ini pun akan menjadi momentum untuk Pemprov Sulsel bersinergi secara vertikal dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Apalagi Sulsel sendiri memiliki kabupaten dan kota yang cukup banyak, yakni 24 kabupaten dan kota. 

"Tentu sangat senang sosialisasi desain olahraga ini di Sulsel sebagai momentum kita untuk sama-sama bersinergi. Tentu kementerian pemuda dan olahraga tidak berjalan sendiri tapi kita tentu termasuk provinsi Sulsel," ucap Sudirman. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.