Sukses

Bus Polres Tasikmalaya Bergerilya Jemput Warga untuk Vaksinasi Covid-19

Kegiatan ini terpaksa dilakukan pihak kepolisian, sebagai bagian program PRESISI (Prediktif Responsibilitas Transparansi dan Berkeadilan) bakti kesehatan bayangkara polres Tasik, dalam mendukung target percepatan vaksinasi nasional.

Liputan6.com, Tasikmalaya - Kepolisian Resor Tasikmalaya, Jawa Barat sengaja menyediakan dua unit bis milik institusi untuk menjemput warga, untuk melakukan vaksinasi Covid-19 yang digelar di halaman Mapolres Tasik.

Kapolres Tasikmalaya AKBP Rimsyahtono mengatakan, kegiatan ini dilakukan pihak kepolisian, sebagai bagian program PRESISI (Prediktif Responsibilitas Transparansi dan Berkeadilan) bakti kesehatan bayangkara Polres Tasik, dalam mendukung target percepatan vaksinasi nasional.

“Kita jemput masyarakat, termasuk mengarahkan komunitas Lantas, seperti Pokabtas atau perkumpulan ojek untuk diarahkan ke gerai vaksin,” ujarnya, Jumat (29/10/2021).

Warga di sekitar Mangunreja-Singaparna dan Leuwisari sengaja dijemput anggota untuk vaksinasi. Maklum, capaian vaksinasi di kota Santri Tasikmalaya masih terbilang rendah.

Sementara bagi para pemohon pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang terlebih dahulu berada di gerai SIM Polres Tasik, sengaja diarahkan ke gerai vaksin bagi mereka yang belum melakukan vaksinasi.

“Setiap hari gerai vaksin ini dibuka, dengan vaksin ini akan terbangun kekebalan imunitas komunal,” ujar dia.

Dengan upaya gerilya seperti itu, Rimsyahtono berharap, percepatan vaksinasi covid-19 di kabupaten Tasikmalaya bisa mencapai 80 persen lebih warga tervaksinasi.

“Nanti kalau belum kita diarahkan untuk divaksin di gerai vaksin yang sudah kita siapkan,” ujarnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajak Warga Lainnya

Kasat Lantas Polres Tasikmalaya AKP Ryan Faisal menambahkan, untuk mendukung program vaksinasi Covid-19 seluruh pemohon SIM diwajibkan membawa hasil vaksinasi.

“Dengan mempunyai SIM kelengkapan administrasi berkendara aman di perjalanan dan mematuhi tata tertib berlalu lintas,” kata dia.

Ryan menilai kegiatan vaksin ini penting untuk menjaga imun tubuh, layaknya manfaat penggunaan helm bagi pengguna kendaraan untuk menghindari resiko fatal kecelakaan lalu lintas.

“Dan sama dengan di vaksin mengurangi fatalitas terkena dampak terkena virus Covid-19,” ujar dia.

Ryan berharap para pemohon SIM dan warga yang dijemput menggunakan bus polres, bisa mengajak sanak saudara atau orang terdekatnya untuk melakukan vaksinasi Covid-19.

“Apabila di Puskesmas atau rumah sakit ngantri panjang, bisa datang ke Polres Tasikmalaya, bisa ikut vaksin gratis,” ujar dia.

Dudung (48), warga Desa Arjasari Kecamatan Leuwisari salah satu peserta vaksinasi mengaku bangga bisa turut serta dalam program vaksinasi polres Tasik, terlebih dengan sejumlah kemudahan yang diberikan seperti penjemputan menggunakan bis.

“Mudah-mudahan Covid-19 segera hilang, dan alhamdulillah setelah divaksin kondisi badan sehat dan bugar, juga imun kuat,” kata dia.

Kasie Dokter Kesehatan (Dokkes) Polres Tasikmalaya Aipda Aming AMK mengatakan target vaksin digerai Satlantas Polres Tasikmalaya mencapai 500 orang. “Kami juga akan door to door mendatangi masyarakat, sekolah dan lainnya,” ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.