Sukses

Kejar Herd Immunity, Polisi Bakal Blusukan Jemput Bola Vaksinasi Covid-19 di Tasikmalaya

Liputan6.com, Tasikmalaya - Demi meningkatkan percepatan vaksinasi warga, Kepolisian Resort Tasikmalaya, Jawa Bara,t mengintruksikan seluruh kepolisian sektor (Polsek) melakukan jemput bola warga untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19.

Salah satunya yang dilakukan polsek Puspahing, Kabupaten Tasik. Seluruh anggota polsek terpaksa turun-naik gunung, untuk melakukan penjemputan warga menggunakan mobil patroli, untuk meningkatkan partisipasi warga.

Kapolsek Puspahiang AKP. Asep Nurjaman mengatakan, upaya jemput bola ratusan warga di kecamatan Puspahinga, terpaksa ditempuh untuk mempercepat program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah.

"Kita fokus ke dua desa yakni Puspasari dan sukasari yang presentase vaksinasinya rendah. Jadi kita sepakat untuk melakukan penjemputan," ujarnya, Kamis (21/10/2021).

Menurutnya, penjemputan warga terpaksa dilakukan menggunakan kendaraan patroli karena sulitnya medan serta lokasi antar warga yang terbilang jauh.

"Kalau untuk partisipasi warga cukup tinggi, tapi terkendala akses jauh dan sarana minim. Jadi kita bantu jemput warga. Terlebih lagi banyak warga yang sudah tua," kata dia.

Asep mengakui capaian target vaksinasi di kecamatan Puspahing terbilang tinggi dibanding kecamatan lainnya dalam program nasional vaksinasi covid-19 tersebut.

"Target Vaksinasi di Kecamatan Puspahiang sudah 60 persen dan kami menargetkan oktober akhir sudah 70 persen," ungkap dia.

Sementara itu, Camat Puspahiang Zalkaf mengaku proses vaksinasi di Puspahiang mendekati target karena kerja sama semua pihak.

O"Harapannya bulan ktober akhir sudah bisa mencapai 70 persen lebih," ujar dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Instruksi Kapolres

Sebelumnya Kapolres Tasikmalaya, AKBP Rimsyahtono mengintruksikan seluruh jajaran kepolisian di Polres Tasikmalaya, aktif melakukan edukasi, sosialisasi dan jemput bola untuk menyukseskan program vaksinasi covid-19.

Lokasi yang jauh dari ibu kota kabupaten, termasuk medan yang cukup berat dalam mencapai target vaksinasi massa membuat petugas medis memeras otak dan keringat berlebih untuk mencapai lokasi.

“Kita perintahkan agar anggota aktif mengajak masyarakat untuk Vaksin covid 19 sampai pelosok,” kata dia.

Dengan upaya tersebut, diharapkan proses dan target capaian vaksinasi covid-19 di kota santri Tasikmalaya sesuai dengan harapan pemerintah untuk meningkatkan herd immunity secara nasional.

“Bila perlu jemput bola untuk masyarakat yang mau vaksin seperti yang dilakukan Polsek Puspahiang, bagus itu,” kata dia.