Sukses

Universitas Negeri Padang Buka Prodi Ilmu Hukum Mulai Tahun Depan, Berminat?

Liputan6.com, Padang - Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat bakal membuka program studi baru yakni ilmu hukum. Rencananya progam studi ini akan dimulai saat tahun ajaran baru 2022.

Rektor UNP Prof Ganefri mengatakan berbagai persiapan pembukaan prodi ilmu hukum ini sudah dilakukan sejak lama, dosen yang akan mengajar nantinya juga sudah ada tiga orang bergelar doktor bidang hukum.

"Sudah siap semua, doktor dalam bidang hukum kita sudah ada tiga orang juga," kata Ganefri, Kamis (21/10/2021).

Menurutnya, pendirian prodi ilmu hukum UNP ini untuk memberi pemahaman dan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang hukum.

Sebab, lanjut Ganefri, semakin banyak masyarakat yang paham tentang hukum, maka semakin maju suatu negara.

"Karena masyarakat akan maju, kalau paham hukum. Kalau masyarakat tidak paham hukum akan kembali menjadi masyarakat tradisional lagi," jelasnya.

Ganefri mengatakan, penerimaan mahasiswa prodi ilmu hukum UNP ini direncanakan tahun 2022 nanti. Pada tahap awal akan diterima mahasiswa prodi ilmu hukum sebanyak satu lokal.

Sementara, Ketua Mahkamah Konstitusi RI Anwar Usman mendukung atas dibentuknya prodi baru di UNP. Dia mengatakan, prodi ilmu hukum sangat potensial ke depannya dan pembentukan prodi baru itu tidak begitu sulit.

Ia menyebut masih banyak masyarakat, tidak hanya masyarakat awam, tetapi juga dosen dan rektor tidak memahami hukum.

"Saya jelas mendukung dibukanya prodi ilmu hukum di UNP, ini sebuah kemajuan dalam pendidikan," ujarnya.

Saksikan juga video pilihan berikut ini: