Sukses

Bobby Nasution: Vaksinasi Covid-19 Jemput Bola Mudahkan Masyarakat

Wali Kota Medan, Bobby Nasution, meninjau vaksinasi Jempol atau Jemput Bola di Green Kupi, Jalan Karya Jaya, Kecamatan Medan Johor. Bobby terus menggerakkan percepatan vaksinasi di Kota Medan.

Liputan6.com, Medan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, meninjau vaksinasi Jempol atau Jemput Bola di Green Kupi, Jalan Karya Jaya, Kecamatan Medan Johor. Bobby terus menggerakkan percepatan vaksinasi di Kota Medan.

Selain terus menjalankan vaksinasi skala mikro di Puskesmas hingga lingkungan, Bobby juga meminta agar pihaknya mampu menjemput bola langsung ke masyarakat agar memudahkan mendapat vaksin.

Hal itu yang lantas disambut Kecamatan Medan Johor dengan menggelar vaksinasi jemput bola di 6 kelurahan. Bobby mengatakan, pihaknya sengaja memperbanyak lokasi vaksinasi untuk mendekatkan diri ke masyarakat.

Menurut Bobby, Green Kupi merupakan tempat masyarakat di Kecamatan Medan Johor berkumpul. Sehingga diputuskan menjadi tempat lokasi vaksin.

"Di sini Green Kupi, tempat ngumpul masyarakat Johor, nongkrong, tempat ngopi, kita jadikan tempat vaksin, biar apa, biar enggak susah nyari, di mana tempatnya di Green Kopi, ini yang disebut vaksinasi jempol, jemput bola," kata Bobby, Selasa (5/10/2021).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5 Titik Vaksinasi Jemput Bola

Menantu Presiden Joko Widodo atau Jokowi ini juga mengatakan, sudah 5 titik yang dijadikan tempat vakinasi jemput bola di Kecamatan Medan Johor.

"Kita apresiasi juga ini Kecamatan Medan Johor ya terus mempercepat vaksinasi. Intinya agar masyarakat mudah dan dekat kalau mau vaksin," lanjut Bobby.

Ditambahkan Suami Kahiyang Ayu itu, stok vaksin Covid-19 di Kota Medan juga cukup hingga sepekan ke depan. Pemerintah Kota (Pemko) Medan masih punya sekitar 55.000 dosis.

"Kemudian TNI-Polri juga punya, saya tanya Kapolres ada sekitar 40 ribuan kemarin ya bukan per hari ini. Pak Dandim juga ada sekitar 10 sampai 20 ribuan dosis lagi. Jadi masih cukup. Dan kita pesan dosis juga bukan saat sudah kosong, tapi begitu menipis kita koordinasikan ke pusat agar vaksin kembali dipasok ke Kota Medan. Stok vaksin kita masih cukup untuk mencapai target terdekat," beber Bobby.

3 dari 3 halaman

Target Vaksinasi

Camat Medan Johor, Zulfakhri Ahmadi menambahkan, selain vakinasi jemput bola, di kantor camat dan di Puskesmas tetap melakukan vaksinasi. Green Kupi, kata dia, merupakan hari kelima pelaksanaan vaksinasi jemput bola.

"Satu titik kita targetkan 300 vaksin dosis pertama, dan 28 hari ke depan vaksin dosis kedua. Besok ada di Kelurahan Sukamaju, nanti kita gilir satu kelurahan dengan target 300 vaksin. Nanti kita evaluasi, dua minggu ke depan kita lakukan hal seperti ini, apabila antusias masyarakat masih banyak," tuturnya.

Zulfakhri mengatakan tingkat vaksinasi masyarakat di Kecamatan Medan Johor cukup tinggi yakni mencapai 45 persen.

Secara keseluruhan total masyarakat yang telah mendapat vaksinasi tahap satu sudah di atas 50 persen dari target vaksinasi kepada 1,9 juta warga Medan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.