Sukses

Bingung Makan Apa Saat Bokek? Ini 5 Tempat Makan Murah di Dekat Kampus UNNES

Ini dia lima tempat makan alternatif di akhir bulan di sekitar kampus UNNES.

Liputan6.com, Semarang - Universitas Negeri Semarang (UNNES) merupakan salah satu perguruan tinggi yang ada di Kota Semarang, tepatnya terletak di daerah Sekaran. UNNES menduduki peringkat ke 4 sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terfavorit nasional. Banyak mahasiswa yang merantau dari luar Semarang untuk belajar di UNNES.

Menjadi mahasiswa rantau mempunyai tantangan tersendiri. Banyak kebiasaan baru yang harus diadaptasi. Ketika menjadi mahasiswa rantau, mereka dituntut untuk menjadi mandiri. Mulai dari mencuci baju sendiri hingga mengatur keuangan.

Ketika menuju akhir bulan, biasanya mahasiswa rantau akan pintar-pintar mengatur keuangan agar cukup sampai akhir bulan. Mereka akan menyetok mie instan sebagai solusi hemat di akhir bulan. Menyantap mie instan terus menerus juga tidak baik untuk kesehatan.

Ini dia beberapa rekomendasi tempat makan di wilayah kampus UNNES yang ramah di kantong mahasiswa untuk solusi di akhir bulan:

1. Ayam Deplok Semarangan

Ayam Deplok Semarangan terletak di daerah Patemon, Gunungpati, atau yang lebih dikenal dengan Geprek Patemon. Cukup dengan membawa Rp.11.000 saja, kalian sudah bisa pulang dengan perut kenyang.

Kedai makan ini menyediakan paket nasi ayam yang komplit. Kalian dapat mengambil nasi, ayam, es teh, lalapan serta kerupuk sendiri. Dengan harga yang terbilangmurah, kalian bisa makan sepuasnya.

2. Gongso Bu Erni

Warung Bu Erni terletak di Gg. Cempaka Sari, Sekaran, Kecamatan Gunungpati. Warung Bu Erni menyediakan aneka Gongso dan Nasi Goreng dengan berbagai toping. Harganya pun cocok untuk kantong mahasiswa yaitu mulai dari Rp.10.000.

Warung Bu Erni juga menyediakan porsi yang terbilang cukup banyak dan memakai sistem mengambil nasi sendiri. Warung Bu Erni bisa jadi salah satu solusi akhir bulan untuk para mahasiswa.

3. Warung Bu Tun

Warung Bu Tun terkenal dengan Nasi Gorengnya. Seporsi Nasi Goreng Bu Tun dibanderol dengan harga Rp.10.000 saja. Dengan harga yang cukup terjangkau, sudah bisamenikmati nasi goreng dengan porsi yang jumbo ditambah dengan telur dan kerupuk. Warung Bu tun terletak di Jl. Banaran sebelum gerbang utama UNNES.

Warung ini buka pukul 07.00-21.00 WIB. Tetapi untuk menu Nasi Goreng, hanya tersedia saat menjelang sore.

4. Mie Ayam Pak Haris

Warung mie ayam satu ini sudah sangat familiar dikalangan mahasiswa UNNES. Warung mie ayam pak Haris terletak di Jl. Sekaran, Gunungpati, Semarang. Porsi yang jumbo dengan harga murah membuat mi ayam ini menjadi favorit mahasiswa. Warung ini menyediakan berbagai variasi menu mie ayam. Mulai dari mie ayam kuah, goreng hingga bakar.

Tidak hanya mie ayam saja, warung ini juga tersedia berbagai macam varian bakso. Seperti bakso keju, bakso urat, hingga bakso gulung. Untuk satu pori mie ayam kuah dibanderol dengan harga Rp. 9.000, sedangkan mie ayam goreng dan bakar di banderol dengan harga Rp.10.500.

Warung ini buka pukul 12.00 – 21.00 WIB. Dengan harga yang terbilang murah, kalian sudah bisa mendapatkan dengan porsi yang banyak.

5. Soto Seger Cempaka Sari

Warung ini terletak di Gg. Cempaka Sari, Sekaran, Gunugpati. Warung ini menyediakan menu soto dan sate-satean sebagai pelengkap.

Harganya murah, soto besar dibanderol dengan harga Rp.6000, soto kecil di banderol dengan harga Rp.5000, sate-satean di banderol dengan harga Rp.3000/tusuk, serta tahu dan tempe dibanderol dengan harga Rp.1000. Tidak heran jika warung satu ini selalu ramai pembeli karena harga yang bersahabat dengan kantong mahasiswa saat akhir bulan.

Itulah beberapa rekomendasi tempat makan di wilayah UNNES yang bisa jadi alternatif para mahasiswa diakhir bulan.

Putri Amelia Paraswati, mahasiswa UNNES, peserta program KMMI Digital Journalism UNNES dan Liputan6.com

Saksikan Video Pilihan Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.