Sukses

Padang Savana Taman Nasional Komodo Kebakaran

Kebakaran melanda kawasan padang savana Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), tepatnya di Pulau Komodo bagian barat, Sabtu (7/8/2021) sekitar pukul 15.00 Wita.

Liputan6.com, Labuan Bajo - Kebakaran melanda kawasan padang savana Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), tepatnya di Pulau Komodo bagian barat, Sabtu (7/8/2021) sekitar pukul 15.00 Wita.

Informasi kebakaran ini didapat dari Mohamat warga di Pulau Komodo, Mohamat, Sabtu melalui sambungan telepon.

“Iya Pak, benar terjadi kebakaran padang savana dan lokusnya di Laju Pamali sekitar Loh Wenci, bagian barat Pulau Komodo,” kata Mohamat seorang warga Komodo.

Hingga saat ini api belum berhasil dipadamkan, karena masih terlihat asap mengepul di wilayah tersebut.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran di wilayah Taman Nasional Komodo tersebut. Pihak Balai Taman Nasional Komodo belum berhasil dikonfirmasi media.

Wilayah tersebut merupakan salah satu wilayah habitat hewan komodo dan rusa di Pulau Komodo.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemadaman

Kepala Balai Taman Nasional komodo (BTNK), Lukita Awang berhasil dikonfirmasi media ini menjelaskan kebakaran tersebut terjadi di bagian barat pulau Komodo, tepatnya sekitar Laju Pemali.

"Kebakaran savana terjadi di sebelah barat Pulau Komodo, tepatnya sekitar Laju Humali, sebelah selatan Loh Wenci,” jelas Awang melalui sambungan telepon.

Kepala Balai Taman Nasional juga menjelaskan penyebab kebakaran belum diketahui penyebabnya.

Sementara itu pihak dari Balai Taman Nasional Komodo sedang berusaha untuk memadamkan api.

"Saat ini penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, karena masih fokus memadamkan api di lokasi, luas lahannya juga belum diketahui secara pasti dikarenakan kondisi malam hari", jelas Awang.

Ia juga menyampaikan, di lokasi kebakaran tersebut bukan lokasi tempat berkembangbiaknya komodo.

"Untuk lokasi Laju Pemali dipastikan tidak terdapat hewan Komodo, kecuali di lokasi Loh Wencinya," ungkapnya.

Hingga berita ini diturunkan tim dari pihak BTNK sejumlah 20 orang sudah berada di lokasi berusaha memadamkan api dan hingga saat ini api hampir padam, tinggal sebagian wilayah selatan belum berhasil dipadamkan tetapi tim masih berusaha memadamkan api.

Selain itu, tim kedua saat ini bergerak menuju lokasi agar api cepat dipadamkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.