Sukses

Presiden Jokowi Janji Bantu Sediakan 100 Konsentrator Oksigen untuk Sumbar

Persoalan ketersediaan oksigen untuk pasien Covid-19 juga menjadi salah satu laporan yang diberikan Gubernur Sumbar Mahyeldi kepada Presiden Jokowi dan langsung ditanggapi dengan bantuan 100 unit konsentrator oksigen.

Liputan6.com, Padang - Presiden Joko Widodo berjanji membantu menyediakan 100 konsentrator oksigen untuk Provinsi Sumatera Barat. Bantuan untuk antisipasi kasus Covid-19 ini direncanakan akan tiba di Ranah Minang dalam waktu dua hari ke depan.

Pemberian bantuan itu disampaikan Presiden Jokowi langsung kepada Gubernur Sumbar, Mahyeldi melalui sambungan telepon pada Kamis (5/8/2021).

"Iya tadi sore saya dihubungi presiden terkait kesiapan Sumbar dalam menghadapi pandemi Covid-19," kata gubernur.

Melalui sambungan telepon itu, Mahyeldi melaporkan sejumlah hal terkait penanganan Covid-19 di Sumbar. Di antaranya tentang kenaikan kasus positif di Sumbar disebabkan jumlah testing dan tracing yang ditingkatkan beberapa waktu terakhir.

Kemudian tentang penanganan pasien di rumah sakit yang dilakukan secara berjenjang, mulai dari RSUD di kabupaten dan kota serta rumah sakit rujukan untuk pasien dengan kondisi gejala berat.

"Kita sampaikan bahwa koordinasi antara rumah sakit di Sumbar sudah berjalan dengan cukup baik. Ada penambahan tempat tidur yang totalnya cukup banyak sehingga penanganan pasien bisa semakin maksimal," ujarnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tambah Vaksin Covid-19

Persoalan ketersediaan oksigen juga menjadi salah satu laporan yang diberikan gubernur kepada presiden dan langsung ditanggapi dengan bantuan 100 unit konsentrator oksigen.

Selain itu, semakin tingginya animo masyarakat untuk mendapatkan vaksin Covid-19 juga menjadi perhatian dari presiden, dalam satu minggu ke depan tambahan vaksin akan dikirimkan ke Sumbar.

"Sementara untuk konsentrator dan obat-obatan dalam satu dua hari ke depan akan dikirim," katanya gubernur.

Mahyeldi menyampaikan dukungan dari pemerintah pusat ini, akan meringankan beban Sumbar dalam menangani pandemi Covid-19.

"Kami sampaikan terimakasih kepada presiden, ini sangat membantu sekali," ujarnya.

Konsentrator oksigen merupakan jenis perangkat medis yang digunakan untuk menyuplai oksigen ke pasien dengan gangguan pernapasan. Alat ini hanya bisa digunakan dengan pengawasan serta resep dari dokter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.