Sukses

Berwisata Sembari Menyusuri Jejak Bung Karno di Pantai Ria Ende NTT

Liputan6.com, Ende - Ende merupakan sebuah kota di Flores yang dikenal akan keindahan Danau Kelimutu. Saat ini Pemerintah Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai menata kembali keindahan wilayah pantai seperti Pantai Ria.

Pantai Ria kini mulai ditata dan dikelola oleh pemerintah sebagai tempat wisata yang potensial untuk tongkrongan baru bagi warga Kota Ende.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia menggelontorkan dana Rp7,5 miliar dalam bentuk dana alokasi penugasan untuk Kabupaten Ende pada tahun 2021.

Anggaran tersebut digunakan untuk redesain (menata kembali) kawasan wisata Pantai Ria Ende dan pembangunan fasilitas MCK di Taman Rendo Ende.

Kawasan yang lebih dikenal Taman Ria ini merupakan salah satu objek wisata yang terletak di jantung Kota Ende.

Taman Ria memang menjadi langganan warga untuk melepas penat bersama kerabat saat sore hari. Letaknya bersebelahan dengan pelabuhan Bung Karno dan Taman Renungan Bung Karno, Ende.

Sesuai dengan rencana, pemerintah pusat bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Ende, NTT melalui Dinas Pariwisata Kabupaten untuk menata kembali kawasan Pantai Ria menjadi taman bahari berkelas internasional.

 

2 dari 3 halaman

Fragmen Historis Masa Lalu

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ende, Martinus Satban dalam acara peletakan batu pertama pada Kamis (22/7/2021) mengatakan, pada tahun 2021, pemerintah pusat memberikan DAK Penugasan bagi Kabupaten Ende bersama 11 kabupaten lain di Indonesia.

“Pembangunan Pantai Ria menjadi Kawasan wisata bahari yang menawarkan panorama pantai, laut, sunrise, sunset sebagai sajian utama sebagai atraksi wisata bahari di kabupaten Ende,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, keberadaan Taman Ria yang menyatu dengan kawasan wisata Taman Permenungan Bung Karno menjadikan Pantai Ria dan Taman Rendo sebagai salah satu elemen tak terpisahkan dari sebuah fragmen historis masa lalu.

“Penataan kembali Pantai Ria terdiri beberapa paket pengerjaan yakni renovasi Taman Rendo sebesar Rp515 juta, paket pekerjaan toilet Taman Ria sebesar Rp505 juta, paket pekerjaan pembangunan plaza kuliner menelan biaya Rp2,922 miliar, dan pembangunan pedestrian atau jalur pejalan kaki Rp3,640 miliar. Sementara paket pembangunan tempat parkir sedang dalam proses tender ulang,” ucap dia.

Sementara Bupati Ende, Achmad Djafar mengatakan, penataan kembali Pantai Ria sejatinya merupakan upaya untuk memperkuat eksistensi Kota Ende sebagai Kota Pancasila.

Bupati Djafar berharap kepada kontraktor pelaksana agar bekerja sesuai dengan perencanaan. Tak lupa menjaga kualitas dan ketepatan waktu pelaksanaan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: