Sukses

Mahasiswa Mercu Buana ‘Terbang’ ke Dairi Sumut Ajak Siswa Belajar Personal Branding

Mahasiswa Mercu Buana gelar kegiatan Kuliah Peduli Negeri dengan topik ‘Seni Membangun Personal Branding’.

Liputan6.com, Jakarta - Kegiatan Kuliah Peduli Negeri dengan topik ‘Seni Membangun Personal Branding’ mendapatkan sambutan dan antusias dari para pelajar SMAN 1 Silima Punggapungga, Dairi, Sumatera Utara.

Kegiatan pada pada 12 Juni 2021 itu digelar kelompok mahasiswa dari bidang studi Advertising & Marketing Communication Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Jakarta. Para mahasiswa itu Ayu Soraya Sagala, N. Widayanti K.K, Hasan Hanafie, dan Exa Rosanthi.

Hanya saja terdapat beberapa siswa yang tidak ikut bergabung karena daerah tersebut masih minim akses internet. Selain itu juga kurangnya pengetahuan mengenai cara mengikuti sosialisasi yang diselenggarakan secara online ini.

Ketua pelaksana Ayu Soraya Sagala mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan para pelajar dapat lebih aktif dan bijak dalam menggunakan media sosial demi membangun personal branding yang positif yang dapat membantu mencapai kesuksesan karir mereka.

Dalam membangun personal branding, menjadi suatu hal yang penting untuk dapat mengenali kemampuan, keahlian dan passion yang ada pada diri kita. Salah satu poin penting dalam membangun personal branding yakni bagaimana kita membentuk penilaian orang lain melalui konten foto, video, caption, komentar hingga tulisan-tulisan lain yang kita bagikan di sosial media yang kita gunakan untuk menciptakan citra positif.

”Sebagai konten creator, bekal dan kunci yang harus dimiliki adalah kreativitas dan konsistensi berkarya, disamping itu juga harus tetap percaya diri dan semangat sehingga setiap konten yang dibuat dan dibagikan diharapkan bisa mengedukasi dan menghibur audiens kita", kata Exa Rosanthi.

 

Saksikan Video Pilihan Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mudah Dapat Pekerjaan

Selain membentuk citra positif, kesuksesan dalam membangun personal branding nyatanya mampu menghantarkan kita kepada kemudahan dalam mencapai kesuksesan karir.

“Jika banyak orang harus berburu lowongan pekerjaan, kita justru akan dilirik dan bahkan mendapatkan penawaran pekerjaan dari perusahaan-perusahan besar,” kata Hasan Hanafie.

Dia menceritakan pengalaman pribadinya mendapatkan penawaran pekerjaan dari Tokopedia lewat akun LinkedIn pribadinya.

"Saya sadar untuk bisa hidup dari industri kreatif berupa sebuah ide yang terus tumbuh dan berganti bukan perkara mudah, perlu bangkit berulang kali perlu nangis berulang kali, perlu semangat yang terus menerus,” kata Hasan menambahkan.

Kegiatan sosialisasi ini juga dihadiri oleh Harun Mahbub selaku Managing Editor Liputan6.com. Dia berpesan kepada para pelajar untuk mulai aktif mengunggah atau membagikan konten yang keren di sosial media. Sebab cara terbaik dalam membuat konten adalah 'dibuat' dan 'dibagikan'.

Dalam kegiatan tersebut, Andri Munthe, siswa dari SMA N1 Silima Punggapungga menjadi salah satu peserta aktif dalam kegiatan sosialisasi dan mendapatkan hadiah spesial pengganti kuota internet.

Kegiatan itu dibimbing Engga Probi Endri, dosen pengampu mata kuliah Kuliah Peduli Negeri yang berkesempatan hadir dan memberikan sambutan hangat kepada seluruh peserta dan memberikan apresiasi kepada mahasiswa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini