Sukses

Kasus Covid-19 Melonjak, ICU RSDP Serang Penuh 

Waspada dan tetap taat protokol kesehatan, kasus positif Covid-19 di Banten terus melonjak.

Liputan6.com, Serang - Kasus positif Covid-19 di Banten terus melonjak. Data dinas kesehatan setempat menyebut, ada penambahan sebanyak 476 kasus positif Covid-19 dalam sehari pada Senin, (21/6/2021) kemarin.

Akibat lonjakan kasus tersebut, seluruh ruangan ICU di RS dr Dradjat Prawiranegara (RSDP) Serang penuh. Mereka pun harus menyeleksi pasien yang bisa mendapatkan perawatan di rumah sakit, di dekat Alun-alun Kota Serang, Banten, itu.

"Saat ini, ICU kami sudah penuh, ada 5 ruangan ICU, terisi pasien semuanya," kata Humas RSDP Serang, Khaerul Anam, Senin (21/6/2021).

Hingga kini, total pasien Covid-19 di Banten yang masih di rawat sebanyak 2.972 orang, pasien sembuh 49.854 orang dan meninggal berjumlah 1.390 kasus setelah bertambah 14 orang.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seleksi Pasien dan Batasi Oksigen

Kemudian, Bed Occupancy Rate (BOR) khusus Covid-19 ada 82, namun sudah terisi 63 pasien, terisa 19 lagi. Akibatnya, tidak semua pasien corona bisa mendapatkan perawatan medis di RS milik Pemkab Serang itu.

Triase atau penyaringan perawatan pasien prioritas dilakukan oleh tenaga kesehatan (nakes). Kemudian, pemberian oksigen pun akan di atur sedemikian rupa, agar bisa tetap digunakan oleh pasien yang membutuhkan.

"Kita tidak langsung menerima pasien, karena kita lihat kondisi pasien, apakah dia membutuhkan ruang ICU, oksigen atau dirawat di ruang isolasi biasa. Karena perbedaan pasien ini, kita tetap melakukan triase, apakah pasien itu bisa dirawat di RS kami atau tidak," terangnya.

Anam menjelaskan bahwa, dari 63 pasien Covid-19 yang mendapatkan perawatan di RSDP Serang, sebagian besar di isi oleh warga Kota Serang, Banten.

Para tenaga medis berharap masyarakat tidak abai dan lengah terhadap prokes Covid-19, agar tidak menambah panjang daftar pasien corona.

"Kebanyakan pasien dari Kota Serang, sekitar 70 persen. Kami dari RSDP, menghimbau kepada semua warga, untuk selalu taat prokes," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.