Sukses

Vaksinasi Covid-19 Massal di Mamuju, Langkah untuk Capai Target Penerima Vaksin

Liputan6.com, Mamuju - Capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat baru mencapai angka 51 persen. Guna meningkatkan capaian itu, Pemkab Mamuju bersama sejumlah unsur Forkopimda menggelar vaksinasi Covid-19 massal di Lapangan Ahmad Kirang, Kamis (17/06/2021).

Rendahnya capaian vaksinasi di Mamuju disebabkan sejumlah faktor, salah satunya bencana gempa bumi yang melanda pada 15 Januari 2021 lalu. Bencana itu memaksa vaksinasi harus diundur akibat banyaknya fasilitas kesehatan yang mengalami kerusakan.

Tim Satgas Covid-19 Mamuju, Alamsyah Thamrin mengatakan, vaksinasi massal ini merupakan salah satu langkah yang diambil untuk meingkatkan capaian vaksinasi. Sebelumnya Pemkab Mamuju sudah melakukan Grebek Vakisn Covid-19 untuk pelayan publik.

"Target kita kali ini yakni pelayan publik, lansia dan kelompok masyarakat. Kita juga melibatkan TNI-Polri dalam vaksinasi massal untuk menambah dobrakan capaian vaksinasi," kata Alamsyah kepada wartawan.

Lanjut Alamsyah, vaksinasi Covid-19 massal ini tidak hanya dilakukan di pusat kabupaten saja, seluruh puskesmas yang berada di kecamatan juga serentak melaksanakan. Ia optimis capaian vaksinasi di Mamuju dapat memenuhi target, dengan melihat banyaknya pihak yang mendukung gerakan vaksinasi ini.

"Sebanyak 1145 orang menerima vaksin Sinovac hari ini. Antusiasme mesyarakat terhadap vaksinasi masssal ini sangat baik, karena kita bisa melampaui target 1000 orang," ujar Alamsyah.

Alamsyah menambahkan, vaksinasi massal akan terus mereka lakukan karena dinilai ampuh meningkatkan minat warga untuk menerima suntikan vaksin Covid-19. Sebanyak 13.000 vaksin disediakan oleh Dinkes Mamuju untuk mengakomodir masyarakat yang ingin divaksin.

"Untuk warga yang vaksin hari ini akan menerima vaksinasi kedua mereka di puskesmas atau PSC yang berada di pusat kebupaten Mamuju," ujar Alamsyah.

 

2 dari 3 halaman

Jangan Takut

Sedangkan, Dandim 1418 Mamuju, Kolonel Inf Tri Aji Sartono mengatakan, pihakanya akan berusaha mempercepat pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat. Ia berpendapat vaksin itu memberikan kekebalan imum untuk mencegah penyebaran Cobid-19.

"Vaksin itu perlu masif untuk banyak orang sehingga kita memiliki kekebalan tubuh untuk meminimalisir penyebaran Covid-19," kata Tri Aji.

Karena itu, Tri Aji mengajak masyarakat agar tidak takut menerima vaksin Covid-19 karena bertujuan untuk meningkatkan imun tubuh. Ia juga berpesan agar masyarakat yang sudah menerima vaksin untuk tetap menaati protokol kesehatan.

"Mari sama-sama kita vaksin. Saya, semua tentara, polisi sudah divaksin, ternyata biasa-biasa saja tidak ada efek lain, jadi aman, tidak usah takut," tutup Tri Aji.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: