Sukses

Baru Diluncurkan, Alat Kontrasepsi Susuk Buatan BKKBN Cepat Dipasang dalam 3 Detik

Peningkatan kualitas pelayanan KB bagi masyarakat, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI meluncurkan alat kontrasepsi implan satu batang di Provinsi Gorontalo.

Liputan6.com, Gorontalo - Untuk peningkatan kualitas pelayanan KB bagi masyarakat, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI meluncurkan alat kontrasepsi implan satu batang di Provinsi Gorontalo.

Ketua BKKBN RI Hasto Wardoyo mengatakan alat kontrasepsi ini mulai diluncurkan di daerah, salah satunya Provinsi Gorontalo. Alat kontrasepsi ini berupa susuk satu batang.

"Alhamdulillah kegiatan launching alat kontrasepsi susuk satu batang berjalan lancar di Gorontalo," kata Hasto Wardoyo usai menghadiri peluncuran alat tersebut.

Hasto mengungkapkan, implan atau susuk satu batang ini telah digagas BKKBN RI sejak tahun 2020. Hal ini dibuat untuk mendukung program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana atau disingkat Bangga Kencana.

"Susuk satu batang ini memang sudah melalui proses yang panjang dan telah diuji sebelum di-launching," ujar Hasto kepada Liputan6.com.

Menurutnya, program Bangga Kencana mempunyai makna yang sangat besar dalam hal meningkatkan kualitas SDM untuk Indonesia maju. Untuk itu, BKKBN tidak hanya menekankan jumlah anak, tetapi kualitas juga menjadi sangat penting.

Salah satu kualitas yang paling berpengaruh adalah jarak anak lahir. Kalau jarak anak yang pertama dan berikutnya kurang dua tahun, maka akan sangat berisiko.

"Risikonya banyak, mulai dari stunting hingga autisme. Oleh sebab itu, jarak anak itu harus diupayakan maksimal tiga tahun," ungkapnya.

"Nah, inilah makanya kemudian kita mencoba mencari alat kontrasepsi yang begitu lahir bayi, langsung bisa dipakai, cukup tiga detik sudah terpasang," katanya.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.